oleh

Kendalikan Sampah Plastik, PGSI Berikan Kreneng Sebagai Wadah Daging Kurban

-Nusantara, Sosbud-1.241 views

Demak – koranprogresif.co.id – Sebanyak 1,3 Milyar Ton sampah plastik diperkirakan akan menenggelamkan bumi, jika penggunaan plastik tidak dikendalikan oleh semua pihak.

Atas keprihatinan hal tersebut, maka PGSI Demak bersama Ta’mir Musholla NURUS SHOFA desa Margohayu Gili, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah melakukan terobosan peduli lingkungan dengan cara membagikan 300 bungkus daging kurban berupa KRENENG (Anyaman Bambu) sebagai Wadah daging yang diberi alas daun jati, Jum’at (31/7).

Upaya ini sesuai dengan Fatwa MUI (Majelis Ulamak Indonesia) Nomor 47 Tahun 2014 tentang “Pengelolaan Sampah untuk Mencegah Kerusakan Lingkungan”, yang telah dicanangkan oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, melalui Direktur PSL-B3.

Ditengah acara pembagian daging kurban, Ketua PGSI, Noor Salim didampingi wakil Ketua PGSI, Suhadi dan Ta’mir Saiful Arif serta Kiyai Khadzirun mengatakan, Penggunaan Kreneng yang difasilitasi PGSI, sebagai upaya melestarikan alam dengan cara mengendalikan penggunaan Plastik agar sampah plastik tidak jadi bom waktu terhadap kerusakan lingkungan, kata Salim yg juga ketua ta’mir Musholla.

“Sedangkan daun jati, kami pilih agar Cita-Rasa dan Aroma daging makin menggigit,” tutur Salim.

Kegiatan penyembelihan kambing kurban diawali dengan slametan diatas ancak (rakitan bambu) dengan alas dan penutup bubur “Abang-Putih” menggunakan daun pisang. Bubur Abang-Putih adalah simbol telah merdeka dari nafsu hewaniyyah.

Sedangkan jajanan “Sepasar” mengandung makna filosofi Kesejahteraan.

*KLHK APRESIASI*

Terpisah, melalui Whatshap, Direktur PSL-B3, Novrizal Tahar menyatakan apresiasi dan dukungannya atas upaya PGSI bersama Warga Musholla Nurus Shofa. “Gerakan peduli lingkungan seperti ini diharapkan dapat terus dilakukan oleh masyarakat lain yang sedang melaksanakan Kurban hingga tiga hari kedepan,” tulis Rizal.

Upaya yang dilakukan PGSI sangat kerren, terus dukung program Pemerintah melalui KLHK, Insya Allah dinas LHK setempat akan mendukung, pungkas Rizal. (Red).

News Feed