oleh

KASESPIM POLRI BERIKAN PEMBEKALAN KEPADA PASIS DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE 58 TA. 2020

KASESPIM POLRI BERIKAN PEMBEKALAN KEPADA PASIS DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE 58 TA. 2020

Jakarta – koranprogresif.co.id – Kasespim Polri, Irjen Pol Drs. Rokhmad Sunanto, M.M memberikan pembekalan kepada Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-58 TA 2020 secara virtual dengan topik ”Membentuk Jati Diri Perwira Menjadi Pemimpin Visioner”, di Kampus Sespim Lembang, Bandung, Senin (26/10).

Yang turut diikuti Komandan Seskoal, Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P.,M.Tr(Han), Wadan Seskoal, Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., Kapusjianmar Seskoal, Laksamana Pertama TNI Suharto,S.H., M.Si (Han), Dirdik Seskoal, Kolonel Laut (P) Dr. Imam Teguh Santoso, S.T., M.Si dan Kaopsjar Seskoal, Kolonel Laut (KH) Geger Jaka Kiswara, S.Pd., M.M., secara virtual dari Ruang Tunggu Dosen Gedung R.E. Martadinata Seskoal dan Ruangan Pasis masing-masing.

Pembekalan yang dilaksanakan secara virtual ini sebagai bentuk pelaksanaan social distancing sesuai perintah pimpinan TNI AL dan kebijakkan pemerintah saat ini guna pencegahan dan meminimalisir penyebaran Virus Corona (Covid-19) di lingkungan Seskoal.

Kasespim Polri Irjen Pol Drs. Rokhmad Sunanto, M.M, menyampaikan bahwa, kedepannya diharapkan para perwira mampu menjadi pemimpin visioner yaitu harus memiliki wawasan yang luas kedepan visi yang jelas yang berorientasi kepada perubahan dan perkembangan situasi yang terjadi guna menentukan arah kepemimpinannya sesuai dengan lingkup tugas dan tanggung jawab satuan pada strata bidang tugasnya. Calon Pemimpin TNI-Polri harus memiliki kejujuran, ketulusan dan memiliki karakter kuat.

Lebih lanjut dikatakan, untuk mencapai profesionalisme setiap prajurit TNI-Polri wajib meningkatkan kemampuan melalui latihan dan pendidikan agar penguasaan berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi semakin meningkat untuk mengimbangi perkembangan dan kemajuan teknologi di masyarakat.

”Didasarkan pada hakikat profesionalisme dan tantangan yang dihadapi TNI-Polri pada masa mendatang baik tantangan dari dalam maupun luar negeri, maka para perwira diharapkan mempunyai karakter dan sifat pejuang, kemampuan intelektual, berjiwa pemimpin, pengayom dan taat pada hukum,” tegas Kasespim Polri.

Pada kesempatan tersebut pula, Kasespim Polri mengungkapkan makna bahwa, perubahan yang terjadi dalam organisasi adalah demi kepentingan organisasi.

Oleh karenannya, setiap perubahan harus dikelola sebaik mungkin agar organisasi tersebut mampu menghadapi tantangan jaman yang terus berkembang.

“Perwira profesional adalah perwira yang memiliki keterampilan, kekuatan karakter pribadi, memegang teguh komitmen, konsistensi terhadap norma kepemimpinan serta mampu menjadi teladan bagi bawahannya,” ujarnya.

Ditambahkan Irjen Pol R. Sunanto, menghadapi era Disruptive sebagai akibat dari industri 4.0 yang merambah seluruh negara di dunia dengan kondisi yang disebut VUCA : Volatility (Bergejolak), Uncertainly (Tidak Pasti), Complexity (Beragam Masalah), Ambiguity (Situasi Tidak Menentu), maka diperlukan pemimpin pemimpin Visioner yang memiliki wawasan luas, cepat dan tepat mengambil keputusan, berani menganbil resiko dan bertanggung jawab.

“Maka, para perwira siswa sebagai pemimpin masa depan diharapkan mampu menjawab tantangan itu,” pungkasnya. (Red).

News Feed