oleh

Kasdim 0505/JT Narsum FORKOPIMKO Tentang Sinergitas Masyarakat Dengan Pemda

Jakarta – koranprogresif.co.id – Kasdim 0505/Jakarta Timur, Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom, M.Tr (Han) menjadi Narasumber dalam kegiatan Forum koordinasi pimpinan kota (FORKOPIMKO) yang gelar oleh Kesbangpol Jakarta Timur, bertempat di Aula Makodim 0505/Jakarta Timur Jl.Dr. Sumarno Kelurahan Pulogebang Kecamatan Cakung, Selasa (20/12/22).

Kegiatan Forkopimko yang dibuka oleh Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta timur Jakarta Timur, Drs. Hendra Hidayat, MA , dengan tema ”Sinergitas Pemerintah Daerah Dengan Masyarakat Kota Administrasi Jakarta Timur” Kegiatan tersebut dihadiri oleh Forkopimko Jaktim diantaranya Kasdim 0505/Jakarta Timur, Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom, M.Tr (Han), Kakesbangpol, Ahmad Jani Rivai Jusuf, SH, M.Si, Wakasat Binmas Polres Jakarta Timur, AKP Heru, MUI, FKUB, FPK, Para Tokoh Agama, Masyarakat dan Ormas Wilayah Jakarta Timur.

Sambutan Kasdim 0505/Jakarta Timur, Letkol Inf
“Revitalisasi Nilai Kebhinekaan dalam Masyarakat Demi Menangkal Radikalisme “Pemahaman dan kesadaran tentang nilai-nilai wawasan kebangsaan harus menjadi perhatian dan tanggung jawab bersama, karena itu perlu pemahaman kembali terhadap empat pilar utama kebangsaan bagi generasi muda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Memahami kembali empat pilar kebangsaan itu sudah mutlak harus segera dilakukan demi menyelamatkan Bangsa Indonesia dari ancaman perpecahan,” katanya.

Pancasila, Undang – Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keempat pilar tersebut, harus diterapkan secara bersama-sama sebagai wawasan kebangsaan karena apabila hal itu dilaksanakan secara bersama tentu akan meredam berkembangnya pemahaman yang menonjolkan sikap primordialisme sempit dengan lebih mengedepankan rasa kesukuan dan kedaerahan.

“Pemahaman cara pandang yang sama itu nantinya diorientasikan untuk memperkokoh dan menjaga persatuan, persatuan serta meningkatkan kesejahteraan, ketahanan bangsa yang bersifat melindungi seluruh warga Negara Indonesia,” ujarnya.

Menurunnya rasa toleransi sesama warga negara, menipisnya nasionalisme dan berkurangnya semangat bela negara di kalangan masyarakat saat ini yang berakibat pada tingkat pelanggaran terhadap hukum menjadi tinggi dan penegakannya semakin rendah, karena itu, revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai empat pilar kebangsaan tersebut menjadi penting untuk merubah sikap, moral dan etika segenap komponen bangsa agar lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dalam kehidupan sehari-hari dalam mewujudkan keharmonisan antar suku dan umat beragama di Indonesia.

AKP Heru, Wakasat Binmas Polres Metro Jakarta Timur menyampaikan sambutannya, Sinergitas Pemerintah Bersama Masyarakat Dalam Menjaga Kedamaian Diwilayah Jakarta Timur.

Polres Metro Jakarta Timur dalam menciptakan Kamtibmas memiliki peranan yang sangat besar dalam menjaga dan menciptakan rasa aman, tertib dan tidak hanya dalam skala Nasional namun sampai menyentuh kehidupan masyarakat dalam satuan terkecil seperti lingkaran RT/RW dan Kelurahan.

Okky Desvian, SH, Kasubsi Ekonomi Bidang Intelijen Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, mewakili Kajari menyampaikan sambutannya dengan Materi Membangun semangat Kolaborasi dalam Penegakan Hukum diwilayah Jakarta timur.
Kolaborasi Penegakan Hukum, Kenali Hukum dan Jauhi Hukuman.

Rangkaian kegiatan Forum koordinasi pimpinan Kota Angkatan ke 3 (FORKOPIMKO) sampai dengan selesai berjalan aman dan kondusif. (Red).

Berita Lainnya