oleh

Kasal: Kontribusi Kowal Sangat Besar Terhadap Kemajuan TNI AL

-Mitra tni-64 views

 

Jakarta – koranprogresif.co.id – Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) telah membuktikan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan organisasi. Dalam setiap dharma bhaktinya, para Srikandi Jalasena terbukti mampu menjawab tantangan dan tuntutan tugas dalam barisan penjaga laut nusantara tanpa mengesampingkan kodratnya sebagai wanita.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali saat acara Syukuran Peringatan HUT ke-60 Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) Tahun 2023 yang juga diikuti secara daring dari Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (05/01).

Dalam organisasi TNI Angkatan Laut (TNI AL), Kowal mengemban peran dan kedudukan yang sangat penting, bukan sekedar menjadi pelengkap jajaran prajurit Jalasena Samudera melainkan Kowal memiliki sejarah panjang pengabdian yang telah menjadi bukti betapa hebatnya wanita-wanita Indonesia.

“Pembuktian tersebut mendorong organisasi untuk menjamin hak, kewajiban, dan tanggung jawab yang sama dengan prajurit pria. Salah satunya diwujudkan melalui kesempatan yang sama untuk berkarier serta mengemban tugas dan jabatan strategis dalam organisasi TNI AL,” ujar Kasal.

Sementara itu, Ny. Fera Muhammad Ali, selaku Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena menyampaikan kepada seluruh Kowal jangan sampai melupakan kodrat dasarnya sebagai wanita yang harus mampu dalam menjaga keseimbangan antara tugas dan tanggungjawab sebagai seorang prajurit TNI AL, sebagai istri, dan juga sebagai seorang ibu sehingga mampu melaksanakan tugas yang diemban sebagai seorang prajurit matra laut yang juga berdedikasi dalam keluarga.

Upacara HUT ke-60 Kowal yang diperingati setiap tanggal 5 Januari dan  diselenggarakan dengan mengangkat tema “Profesionalisme Dalam Mengabdi, Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” ini, Kasal berkesempatan menyapa Kowal dari jajaran TNI AL seperti Lanal Timika, Fasharkan Manokwari maupun Satgas Konga serta Satgas Unifil Naqoura.

Kasal menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada anggota Kowal dimanapun berada dan bertugas atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan sebagai srikandi jalasena dan berharap Korps Wanita Angkatan Laut dapat menjadikan momentum ulang tahun ke-60 ini untuk terus membangun kapasitas dan kapabilitas guna meningkatkan eksistensi dalam perjuangan membangun kejayaan TNI AL.

Selain menggelar upacara, sebelumnya juga telah dilaksanakan berbagai kegiatan lainnya diantaranya lomba-lomba, anjangsana ke Kowal yang sakit, ziarah ke makam R.A. Kartini di Jepara Jawa Tengah, ziarah ke makam Cut Nyak Dien di Sumedang Jawa Barat, penyuluhan kesehatan di desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga Tangerang serta Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata. (Red).

Berita Lainnya