oleh

Karang Taruna Kec Setu Gelar LDK Dan Raker, Sarnadih: Tumbuhkan Potensi Kader Jiwa Leadership

-Nasional-34 views

 

Tangsel – koranprogresif.co.id – Sejumlah pengurus Karang Taruna Kecamatan Setu mengikuti latihan dasar kepemimpinan (LDK) dan Rapat Kerja periode 2019 – 2024 dengan mengangkat tagline #bersamakitabisa, bertempat di Blandongan Pemuda di Jl Tanah Sewaan Rt 2/08 Kel Baktijaya Kec Setu, Kota Tangerang Selatan, Minggu (01/12/19).

Enam materi yang disampaikan para narasumber untuk menumbuhkan potensi para pemuda agar memiliki jiwa kepemimpinan atau leadership.

Kegiatan dihadiri 50 orang pengurus Karang taruna yang ada di enam kelurahan di Kecamatan Setu.

Materi tersebut adalah terkait History Karang Taruna, Pemaharnan PDPRT, Leadership (Kepemimpinan), managemen organisasi, manajemen konflik, serta teori dan simulasi dalam Kewirausahaan.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Setu, Sarnadih biasa disapa Kubil mengatakan LDK ini sesuai dengan yang tercantum dalam Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga (PDPRT) Karang Taruna serta peraturan lain untuk menumbuhkan tanggung jawab sosial baik para pemguris dan anggota Karang Taruna Kec Setu kedepannya.

“Kegiatan ini merupakan implementasi upaya Karang Taruna untuk mewujudkan pemuda yang cerdas, kreatif, inovatif dan berkarakter,” ucapnya.

Bukan hanya itu, kata dia LDK ini merupakan bekal utama para pengurus Karang Taruna dalam berorganisasi. Sedangkan latar belakang diadakannya Latihan Dasar Kepemimpin ini adalah merespon permasalahan sosial di masyarakat yang semakin kompleks.

Sarnadih juga menegaskan, setiap anggota dan pengurus Karang Taruna memiliki tanggung jawab moral sebagai kader karang taruna yang berkewajiban mendukung program kerja visi dan misinya Walikota Tangerang Selatan yaitu cerdas, Modren, Religius dan Tangsel yang Tangguh, Bertumbuh.

Tentunya visi dan misi ini memberikan ruang kepada pemuda untuk menjadi bagian dalam proses pembangunan di Kota Tangerang Selatan di segala bidang yang bersentuhan dengan masyarakat, agar lebih sukses lagi dimasa yang akan datang, jelasnya.

“Saya juga selalu mengingatkan para pengurus Karang Taruna Kec Setu, untuk terus mengasah kemampuam dan menajerial organisasi sehingga dihasilkan sumber daya manusia unggul. Tetapi perlu diingat, Karang Taruna Kec Setu juga melirik pengembangan seni budaya yang harus kita pertahankan di tengah perkembangan jaman era digital,” katanya.

Masukan dan saran para pengurus sangat aspiratif dan terlihat keinginan kuat para generasi muda  khususnya kepengurusan Karang Taruna Kec Setu untuk lebih baik berbuat daripada sebatas wacana, tegasnya.

“Saya mengutip apa yang disampaikan Ibu Walikota Tangsel, Airin di salah satu acara bahwa perkembangan teknologi harus terus berjalan tetapi  generasi muda tidak meninggalkan seni budaya yang menjadi kultur budaya bangsa kita,” tutup Ketua Karang Taruna Kec Setu, Sarnadih. (Lingga).

News Feed