oleh

Kantor Imigrasi Jakarta Barat, Berikan Layanan Eazy Passport di Semanan

-Nasional-148 views

 

Jakarta – koranprogresif.co.id – Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Non TPI Jakarta Barat memberikan pelayanan Eazy Passport di kawasan Perumahan Taman Semanan Indah (TSI) RW 012, Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Selasa (17/5/2022).

Hal ini untuk memberikan kemudahan dan meningkatkan pelayanan paspor kepada masyarakat.

Eazy Passport merupakan layanan paspor kolektif yang dilaksanakan di luar kantor imigrasi dan menuju lokasi pemohon dengan menggunakan mobil unit layanan paspor keliling.

Kegiatan Eazy Passport ini terlaksana atas kerjasama Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat dengan Sekretariat RW 012 Semanan.

Layanan paspor secara kolektif ini diselenggarakan mulai pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB memberikan pelayanan pembuatan paspor baru ataupun penggantian secara kolektif yang diberikan kepada 100 orang pemohon merupakan warga RW 012.

Pemohon paspor harus melengkapi berbagai persyaratan dokumen, mulai dari e-KTP, kartu keluarga, akte lahir, atau paspor lama bagi yang ingin mengajukan perpanjangan. Sedangkan untuk biaya pembuatan paspor biasa sebesar Rp350 ribu dan paspor elektronik Rp650 ribu.

Adapun dalam kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, seluruh petugas dan pemohon wajib mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Hari ini, Kita melayani sebanyak 100 pemohon di sekretariat RW 012. Kebanyakan dari mereka ingin melakukan perpanjangan masa paspornya,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus non TPI Jakarta Barat, Wahyu Eka Putra saat dimintai keterangan.

Wahyu menjelaskan, layanan Eazy Passport merupakan pelayanan paspor yang dilaksanakan diluar lingkungan kantor Imigrasi dengan mendatangi langsung lokasi pemohon. Layanan ini juga merupakan langkah progresif dari Kementerian Hukum dan HAM dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik serta sebagai wujud nyata hadirnya pemerintah dalam memberikan pelayanan keimigrasian dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

“Didalam pelaksanaannya, kami juga menghimbau untuk selalu menerapakan protokol kesehatan secara ketat. Harapan kami dengan dilaksanakannya layanan Eazy Pasport ini dapat meningkatkan minat masyarakat serta meningkatkan jumlah penerbitan paspor yang juga tentunya akan menambah penerimaan negara bukan pajak,” ujar dia.

Dikesempatan sama, Ketua RW 012 Semanan, Horianto Utomo mengatakan, sekitar 100 warganya telah mengikuti layanan Eazy Passport baik itu pembuatan paspor baru maupun perpanjangan.

Ia berharap, kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali agar dapat membantu dan memudahkan warga dalam pembuatan paspor.

“Diharapkan kegiatan ini dapat diselenggarakan kembali karena layanan Eazy Passport mendapat respon baik dari masyarakat. Apalagi kegiatan ini baru pertama kali dilakukan khususnya di wilayah RW 012, Semanan,” ucapnya. (Red).

Berita Lainnya