oleh

Jelang Mudik Lebaran, Polres Sukabumi Kota Lakukan Koordinasi Lintas Sektoral

-Mitra tni-134 views

 

Sukabumi – koranprogresif.co.id – Menjelang peringatan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, berbagai persiapan terus dilakukan oleh Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi. Salah satunya mempersiapkan terkait mudik lebaran, yang telah menjadi rutinitas tahunan masyarakat dalam memperingati lebaran.

Menyikapi hal tersebut, Polres Sukabumi Kota mengadakan kegiatan rapat Koordinasi menghadapi persiapan mudik lebaran 2022. Kapolres Sukabumi Kota, AKBP SY Zainal Abidin mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini, merupakan langkah antisipasi dini Polres Sukabumi Kota bersama Forkopimda Kota Sukabumi, dalam menyambut arus mudik yang tidak lama akan mulai berlangsung.

“Pada hari ini, kami Polres Sukabumi Kota, melakukan rapat koordinasi untuk mendeteksi dini persiapan arus mudik tahun 2022, khususnya di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota,” ujarnya kepada awak media, usai melakukan rapat, Kamis (21/04/2022) sore.

Lanjutnya, konsep pelayanan dan pengamanan yang telah disusun pihak Polres Sukabumi Kota, akan dipadu padankan oleh unsur terkait, yang berada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

“Kita akan melakukan koordinasi bersama, baik itu dari lingkup Pemerintah Kota Sukabumi, maupun unsur terkait lainnya,” bebernya.

Dari hasil rapat koordinasi lintas sektoral yang dilakukan, Zainal mengakui bahwa, pihaknya mendapatkan beberapa masukan, yang sifatnya memperkuat proses pengamanan dan pelayanan selama masa mudik lebaran 2022.

Mengingat, mudik pada tahun 2022 saat ini, masih berlangsung pada masa pandemi Covid-19. Dan tentunya, pihak Polres Sukabumi Kota bersama dengan Pemerintah Kota Sukabumi, tidak menginginkan terjadinya lonjakan kasus baru Covid-19, pasca mudik lebaran berlangsung.

“Pada musim mudik tahun ini, Polres Sukabumi Kota akan menyiapkan 1 pos terpadu, 10 pos pengamanan, 5 pos pelayanan dan 40 pos gatur, yang akan kami sebar di beberapa titik yang ada di wilayah hukum Polres Sukaumi Kota. Hal tersebut kami lakukan, untuk memberikan jaminan dan pelayan terhadap masyarakat, agar bisa melaksanakan aktivitasnya, baik itu mudik maupun berwisata. Agar terciptanya situasi yang aman, nyaman dan sehat, selama berada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota,” jelasnya.

Masih menurut Zainal, terkait arahan Kapolda Jawa Barat terkait pengaktifan kembali posko-posko PPKM di wilayah, khususnya saat masa mudik lebaran, dirinya mengatakan bahwa, saat ini, seluruh jajaran Polsek di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait, untuk melakukan pemantauan warga pendatang saat musim mudik. Hal tersebut, guna meminimalisir adanya kasus baru Covid-19 yang terjadi saat masa mudik berlangsung.

“Saat ini, seluruh posko PPKM pada 93 desa ataupun kelurahan yang berada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota telah aktif.Namun demikian, pada mudik tahun ini, kami tidak mengadakan pos-pos penyekatan di wilayah, akan tetapi diharapkan warga yang hendak melakukan mudik maupun berwisata, agar selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Serta, silahkan datangi gerai vaksin yang telah kami sediakan, bagi warga yang memang belum melaksanakan vaksinasi hingga dosis ketiga,” pungkasnya. (Red).

Berita Lainnya