oleh

Jalin Kerjasama Bidang Pertanian, Kodim 0105/Abar Bersama RTA Gelar Jonder Dan Hand Tractor

-Mitra tni-72 views

 

Aceh Barat – Koranprogresif.co.id, Kasdim 0105/Abar Mayor lnf Mazwar AR menghadiri kegiatan pembukaan serta peusijuk Jonder dan Hand Tractor sekaligus bajak Sawah perdana dalam program percepatan penanaman Padi 3 kali dalam setahun yang diinisiasi oleh Rumah Tani Amiruddin ST (RTA) dengan tema “TNI Untuk Rakyat” yang berlangsung di Desa Leubok Kecamatan Samatiga, Rabu (18/5/2022)

Acara diawali dengan kata sambutan Ketua Panitia yang sekaligus Keuchik Desa Leubok yakni Bapak Zakaria dengan mengucapkan banyak terimakasih kepada Kodim 0105/Abar dan RTA yang telah mempelopori Program percepatan penanaman padi 3 kali dalam setahun yang dipusatkan di wilayah Kecamatan Samatiga. Selain itu, dalam momen ini Keuchik Zakaria juga melaporkan hamparan Sawah ini berkarakteristik tadah hucan. Jadi, cakupan air yang dibutuhkan harus diprioritaskan agar Program ini berhasil.

Selanjutnya Camat Samatiga menimpali, dengan mengapresiasi gerakan yang dimotori oleh Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., dan Rumah Tani Amiruddin ST ini.

“Dari paparan Keuchik Leubok saat ini ada 2 Mukim dan 9 Desa di wilayah Samatiga yang masuk dalam binaan RTA, harapannya kedepan semua mukim atau Desa dapat terjamaah oleh Program yang sangat menginspirasi dan kreatif ini”, harap Camat

Disisi lain, Pembina RTA Amiruddin ST menyatakan telah menyusun nota kesepahaman dengan Dandim 0105/Abar dalam berkolaborasi di bidang Pertanian. Dengan menggagas tanam padi 3 kali dalam setahun.

“Kesepakatan ini meliputi pengolahan lahan hingga terealisasinya tanam Padi 3 kali dalam setahun. Tujuan Program ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kesejahteraan Petani. Terkait Sawah tadah hujan, Kami bersama Bapak Dandim telah menyiapkan Pompanisasi yang modern untuk memenuhi kebutuhan Air. Jadi, dengan pembinaan SDM yang didukung oleh manajemen dan mekanisasi yakinlah tanam Padi 3 kali ini dapat Kita wujudkan”, ucap Amiruddim penuh semangat

Kemudian arahan dan sambutan Kasdim 0105/Abar Mayor lnf Mazwar AR sesuai petunjuk Dandim mengatakan bahwa Kodim 0105/Abar akan siap menjadi 3 P (Pelopor, Penyemangat dan Pendorong).

“Dalam hal ini Kodim 0105/Abar akan menerapkan lng Ngarso Sung Tulodo lng Madyo Mbangun Karso Tut Wuri Handayani, yakni ketika di depan akan sebagai pelopor, di tengah penggugah semangat dan ketika di belakang akan menjadi pendorong moral. Namun ini semua akan berhasil jika para Petani serius dan intensifitas nawaitunya benar – benar menindaklanjuti”, tegas Kasdim

Penyerahan Alsintan secara simbolis kepada 9 Keuchik oleh Kasdim Mayor lnf Mazwar AR dan Amiruddin ST yang disaksikan oleh Camat, Mukim dan masyarakat setempat. Acara diakhiri dengan atraksi bajak Sawah oleh Babinsa dan para Petani.

(Red)

Berita Lainnya