oleh

JAGA KESIAPSIAGAAN PRAJURIT, PANGKALAN TNI AL DENPASAR LAKSANAKAN UJI PEMERIKSAAN KESEHATAN

-Mitra tni-203 views

 

Denpasar – Koranprogresif.co.id, 23 Sepetember 2021 Untuk menegetahui kondisi kesehatan prajurit dan dalam rangka menjaga kesiapsiagaan kondisi prajurit, Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar melaksanakan Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikkes) Intensif III Tahun 2021 di Gedung Balai Kesehatan (BK) Lanal Denpasar, dan dipantau langsung oleh Ketua Tim Kesehatan Lantamal V Surabaya Mayor Laut (K) Guno Wardoyo, Kamis (23/9/2021).

Urikkes yang dilaksanakan meliputi pemeriksaan tensi, pemeriksaan tinggi dan berat badan, pemeriksaan darah lengkap, tes urine, pemeriksaan gigi, rontgen, pemeriksaan mata, pemeriksaan jantung EKG, pemeriksaan dalam (Varises, Ambeien dan varikokel), serta pemeriksaan THT.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama dua hari tersebut diharapkan kepada seluruh Prajurit dan PNS Lanal Denpasar mengikuti kegiatan Urikkes. Hal tersebut dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 3 M yaitu jaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker.

Komandan Lanal (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., berharap dengan diadakannya kegiatan Urikkes ini, perkembangan kondisi kesehatan prajurit dan PNS Lanal Denpasar selalu terpantau dengan baik. “Kondisi perkembangan kesehatan prajurit Lanal Denpasar Bali, harus selalu terpantau guna terlaksananya tugas pokok dan siap siaga dalam menghadapi tantangan tugas kedepan”, ungkap Danlanal.

Untuk seluruh hasil pemeriksaan akan di periksa oleh dokter Tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Lantamal V, jika ditemukan hal yang perlu tindakan yang intensif akan dikoordinasikan dengan Ka. BK Lanal Denpasar Kapten Laut (K/W) I Gusti Ayu Meilani untuk ditindak lanjuti.

Menuruk Ka. BK. tujuan dilaksanakannya Urikes ini untuk untuk mengetahui sejauh mana kekuatan dan kesiapan fisik seorang prajurit dalam menghadapi berbagai penugasan yang diberikan oleh komando atas. Dan urikes ini, merupakan tolok ukur pembinaan personil yang dilakukan oleh satuan dalam rangka menyiapkan prajurit yang siap tempur guna menunjang keberhasilan tugas-tugas satuan.

“Di samping itu pula dengan mengetahui tingkat kesehatan prajurit secara dini, diharapkan apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan dapat segera diambil langkah-langkah pencegahan secepat mungkin, ” ujar Ka. BK.

Kegiatan urikes bagi Prajurit TNI AL ini adalah menindak lanjuti perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., pada kutipan “bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman.”

(Red)

Berita Lainnya