oleh

Jaga Kelestarian Budaya, Kodim Tulungagung Gelar Komsos Kreatif Lomba Tari Remo

Tulungagung – koranprogresif.co.id – Kodim 0807/Tulungagung menggelar Lomba Tari Remo dalam rangka kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula Pandu Sakti Kodim Tulungagung Jl. Jaksa Agung Suprapto no 17 Kelurahan Kampungdalem Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Selasa (13/08/2019).

Kegiatan yang baik tersebut diikuti oleh para peserta dari pelajar tingkat SMP/MTs sederajat, SMA/SMK/MA sederajat dan Mahasiswa di wilayah Kabupaten Tulungagung.

Kegiatan lomba tersebut merupakan salah satu wadah untuk mengajak para generasi muda agar mencintai budayanya sendiri terkait dengan maraknya budaya asing yang masuk ke dalam Indonesia.

Mengusung tema “Melalui komsos kreatif, kita tingkatkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI”, para peserta lomba dituntut untuk berkreatifitas dan berkarya serta menjadi generasi penerus yang tangguh dan berdaya guna.

Dengan Komsos kreatif ini pula, diharapkan para generasi muda semakin cinta kepada budaya kita sendiri, cinta kepada tanah air serta berwawasan kebangsaan.

Kepala Staf Kodim 0807/Tulungagung, Mayor Inf Moh Samsul Hadi, S.Ag berharap kegiatan Komsos Kreatif Kodim Tulungagung dapat menjaga kelestarian tari Remo yang merupakan salah budaya yang perlu dilestarikan dan digaungkan kiprahnya.

“Semoga dengan Komsos Kreatif Kodim Tulungagung dapat Nguri-uri Kabudayan Jowo (Melestarikan kebudayaan jawa),” ungkap Kasdim Tulungagung.

Lanjut kata Kasdim, melalui kegiatan ini, juga akan terjalin Komunikasi Sosial yang sehat, yang harmonis untuk meningkatkan tali silaturahmi prajurit Kodim 0817 dengan komponen masyarakat serta dalam rangka untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI, yang menjadi tanggungjawab seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Kabupaten Tulungagung pada khususnya.

“Acara ini semoga dapat mempererat tali silaturahmi sekaligus meningkatkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI yang menjadi tanggungjawab kita bersama,” tambah Kasdim.

Kasdim mengakhiri sambutannya berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat menghidupkan dunia tari khususnya Tari Remo untuk mewujudkan kebersamaan dan keeratan hubungan dengan seluruh komponen bangsa, khususnya bagi pecinta seni dan budaya. Tarian adalah adat tradisi yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia.

Karakter dan nasionalisme bangsa kita harus tetap terus tertanam dalam diri kita, sehingga dapat membentengi diri dari pengaruh budaya asing.

“Semoga lomba ini dapat menghidupkan dunia tari khususnya Tari Remo untuk mewujudkan kebersamaan dan keeratan hubungan dengan seluruh komponen bangsa, khususnya bagi pecinta seni dan budaya,” tutup Kasdim. (Red).

News Feed