oleh

Irup Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Kasrem 081/DSJ Bacakan Amanat Menkominfo

Kota Madiun – koranprogresif.co.id – Ratusan prajurit dan PNS Korem 081/DSJ beserta Satdisjan mengikuti pelaksanaan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Halaman Makorem, Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Jum’at (20/5/2022).

Kasrem 081/DSJ, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto yang bertindak sebagai Irup membacakan amanat dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, Johnny G. Plate.

Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114 tahun ini mengambil tema Ayo Bangkit Bersama. Tema itu sebagai bentuk seruan agar bangsa Indonesia bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda 2 tahun terakhir.

Mengawali amanatnya, Menkominfo mengungkapkan tentang makna tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini yakni Ayo Bangkit Bersama.

”Tema itu sebagai bentuk seruan agar bangsa Indonesia bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda 2 tahun terakhir,” katanya dalam sambutan tertulisnya itu.

Mengingat pentingnya nilai peringatan yang dilakukan, dia pun menjelaskan terkait sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

“Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati tak bisa lepas dari lahirnya organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 yang menjadi salah satu tonggak perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan,” terangnya.

Dirinya menilai bahwa, semangat Boedi Oetomo dalam memperjuangkan kemerdekaan itu masih relevan untuk dapat dikontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini.

“Di tengah krisis pandemi COVID-19 dan konflik Ukraina- Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, penanganan COVID-19 yang membaik telah berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal, sehingga berdampak meningkatknya berbagai lapangan usaha. Tiga sektor terbesar yang mengalami kenaikan, yakni usaha transportasi dan pergudangan 15,79%, jasa-jasa lain 8,29%, dan informasi dan komunikasi 7,14%.

Oleh karena itu, dirinya terus mengajak untuk bekerja keras dan bersinergi, menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia.

Jelang Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022, Menkominfo menegaskan, jika Indonesia akan terus mendorong negara-negara anggota G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan siap berkolaborasi serta menggalang kekuatan, sehingga masyarakat dunia dan kemanusiaan dapat merasakan dampak nyata dari kerja sama ini.

Di akhir amanatnya, Menkominfo, Johnny G. Plate juga turut memberikan pesannya. “Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20. Mari jadikan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, dunia pulih bersama. Ayo bangkit lebih kuat,” pungkasnya. (Red).

Berita Lainnya