oleh

Instruksi Pangdam: Jajaran Kodam IV/Diponegoro Siap Amankan Ramadhan Tahun 2021

Semarang – koranprogresif.co.id – Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto menghadiri acara Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Se-Jawa Tengah di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jl. Pahlawan, Rabu (7/4/2021).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, S.H., M.IP., dengan tema “Menjaga Harmonisasi dan Rasa Aman Beribadah di Tengah Pandemi Covid-19″ itu membahas tentang persiapan seluruh stakeholder memasuki bulan suci Ramadhan.

Disamping itu juga, dibahas mengenai kesiapsiagaan dalam mengantisipasi kebencanaan, penanganan Pandemi, ketersediaan pangan, ketertiban ibadah dan penegakan hukum. Anomali cuaca yang terjadi di beberapa wilayah sehingga berpotensi menimbulkan bencana alam.

Pangdam IV/Diponegoro menyampaikan, terkait dengan vaksinasi bahwa Tanah Air saat ini menduduki peringkat ke-8 kategori pemberian vaksin dari 10 negara besar di dunia.

“Ini merupakan kerja keras, kerja bersama dari semua stakeholder yang berada di seluruh wilayah Indonesia dan Jawa Tengah pada khususnya, untuk itu kami ucapkan terimakasih kepada seluruh tenaga kesehatan, seluruh Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan semua stakeholder yang sudah bahu membahu melaksanakan kegiatan vaksinasi ini,” ungkapnya.

Ditambahkan oleh Pangdam bahwa, Kodam IV/Diponegoro memiliki 61 Klinik, dari 61 klinik tersebut 58 klinik sudah diverivikasi oleh Dinkes Provinsi dan bisa bekerjasama dengan seluruh wilayah untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi, sehingga percepatan pemberian vaksinasi untuk warga masyarakat dapat dilakukan dengan baik.

Terkait dengan PPKM, Pangdam menyampaikan jelang lebaran pergerakan lalu lintas sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sehingga perlu adanya antisipasi dalam hal pengamanan di sepanjang rute dari Jakarta ke Semarang dan Surabaya ke Semarang khususnya rest area.

Saat ini Kodam IV/Diponegoro sudah bersinergi dengan Polda Jateng untuk melaksanakan pengamanan diberbagai tempat-tempat penting. Seperti Gereja, Masjid, pos-pos keamanan maupun objek vital yang lain hingga akhir lebaran.

Untuk itu, Pangdam IV/Diponegoro meminta kepada seluruh Pemerintah Daerah untuk selalu bersinergi dengan TNI Polri yang ada di wilayah.

“Kami setiap saat siap untuk turun dan membantu apapun yang diminta oleh Pemerintah Daerah dan kita siap mendukung,” ujarnya.

“Saya sudah instruksikan kepada jajaran saya khususnya di Kodam IV/Diponegoro untuk siap mengamankan pelaksanaan menjelang Ramadhan dan lebaran tahun 2021,” tegasnya. (Red/Pendam IV/Dip).

News Feed