oleh

Ini Obrolan Perwira Korem 081/DSJ dengan Walikota Maidi di Festival Pecel Pincuk Madiun

-Mitra tni-362 views

 

Kota Madiun – koranprogresif.co.id – Perwira korem 081/DSJ, Letda Inf Lamidi dan Letda Arh Ismani menikmati sajian dalam Festival Pecel Pincuk Madiun yang digelar saat libur lebaran di Pahlawan Street Center Kota Madiun.

Pecel pincuk dengan nasi porang dan lauk jeroan sapi dipilih mereka untuk menikmati sarapan pagi mereka kali ini. Tak hanya mereka, para pengunjung lainnya juga tampak menikmati berbagai jenis hidangan pecel picuk yang terdapat di sana.

Setelah menikmati seporsi pecel pincuk, Letda Inf Lamidi dan Letda Arh Ismani mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi langsung dengan Walikota Madiun Maidi yang tengah meninjau festival kuliner itu.

Kepada mereka, Walikota menjelaskan tujuan dari diselenggarkannya Festival Pecel Pincuk Madiun tersebut.

“Festival ini merupakan upaya Pemkot Madiun untuk lebih mengenalkan nasi pecel sebagai ikon kuliner khas di Madiun kepada para pemudik dan wisatawan yang berkunjung selama libur lebaran,” katanya di lokasi, Rabu (4/5/2022).

Tak hanya pecel pincuk khas madiun saja. Maidi mengungkapkan bahwa, ke depannya di tempat itu juga akan digelar berbagai kegiatan budaya dan kearifan lokal yang dimiliki seluruh daerah di Karesidenan Madiun.

“Nanti ke depannya akan kami agendakan dan jadwalkan setiap 2 bulan sekali. Masing-masing Kota dan Kabupaten akan bergilir di tempat ini,” terangnya.

Bahkan menurutnya, tempat itu juga akan digunakan sebagai ajang festival anak-anak guna memberikan kesempatan anak-anak muda untuk tampil dalam melestarikan seni budaya yang ada di wilayah Madiun dan sekitarnya.

Sementara itu, Letda Inf Lamidi menyambut baik dan merasa bangga dengan berbagai gagasan yang disampaikan oleh Walikota Maidi dalam upaya melestarikan kearifan lokal.

Karena dirinya menilai, berbagai kearifan lokal, baik yang bernilai budaya maupun makanan khas merupakan bagian dari keberagaman dan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.

“Ini aset bangsa yang harus terus dijaga dan dipelihara Pak Wali. Tentunya dengan kepedulian dari kita semua seluruh masyarakat,” ujarnya kepada Walikota.

Sebagai informasi, Festival Pecel Pincuk Madiun yang digelar pada 3-8 Mei 2022 akan berlangsung setiap harinya hingga malam Pukul 21.00 WIB. (Red).

Berita Lainnya