Imigrasi Cirebon Ikuti Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke 72

Hukrim, Nusantara58 views

Cirebon – koranprogresif.co.id – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon ikuti upacara peringatan Hari Bakti Imigrasi (HBI) ke 72 yang dilaksanakan secara serentak oleh satuan kerja dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keimigrasian di seluruh Indonesia secara hybrid (online dan langsung), Kamis (27/1/22).

Kegiatan tersebut diikuti pejabat struktural Kanim Cirebon serta perwakilan UPT Pemasyarakatan Ciayumajakuning.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon Kartana menuturkan,
di masa Pandemi Covid 19 Ini hampir seluruhnya ruang gerak masyarakat dan segala sesuatunya dibatasi, tentunya Ini merupakan tantangan besar bagi Imigrasi untuk tatap dapat memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat.

Dijelaskan dia, sesuai yang dicanangkan Kementerian Hukum Dan HAM RI mendukung dan bersiap memasuki Era Digital 4 0, berbagai aplikasi diluncurkan oleh Kementerian Hukum dan HAM, khususnya Imigrasi dalam mendukung program tersebut dalam rangka mempermudah pemohon dalam memperoleh Pelayanan Keimigrasian, berbagai Inovasi Pelayanan berbasis Teknologi dengan meminimalisir tatap muka dan mengedepankan sistem daring terus dikembangkan sehingga mudah diakses oleh masyarakat maupun petugas Imigrasi seperti APAPO, APOA, Ewisa dan Izin Tinggal On line.

“Kebijakan keimigrasian tersebut diharapkan menjadi jawaban atas berbagai tantangan yang ada termasuk Pandemi Covid 19 ini, oleh karena itu pada Hari Bhakti ke-72 Tahun 2022 ini sesuai dengan Tema ‘Bangkitnya Pelayanan, Revitalisasi, Penegakan Hukum dan Keamanan untuk Negeri’,” jelasnya.

Kartana menambahkan, dalam memperingati HBI ke 72 ini, pihaknya mengadakan kegiatan lomba, bakti sosial santunan anak yatim, donor darah, tabur bunga di makam pahlawan Ismail Saleh Cirebon, funbike dan kegiatan lainnya.

Diketahui, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly menyebut di usia ini adalah waktu yang tepat untuk jajaran imigrasi berbenah melakukan introspeksi dan evaluasi diri.

“Usia 72 tahun mencerminkan tingkat kematangan, baik dalam organisasi maupun dalam hal berkinerja,” kata Yasonna saat menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-72.

Dalam usia ini, lanjut Yasonna, kita tidak boleh lagi salah dalam mengambil kebijakan dan keputusan. Segala pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian harus benar-benar dapat dilakukan dengan tanggap dan responsif dalam menghadapi tantangan dan hambatan yang mungkin akan mewarnai dalam kinerja tahun 2022 ini.

“Peningkatan jumlah kasus Covid-19 yang terjadi belakangan ini, yang diduga berasal dari lalu lintas WNI Pekerja Migran dan WNA yang keluar dan masuk ke Indonesia, harus menjadi atensi bagi jajaran imigrasi,” ucap Yasonna di lobi Graha Pengayoman Kemenkumham. (Krz)

Berita Lainnya