oleh

Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla Resmi Membuka Sinergi Program KUMKM Dekranasda Kaltim

 

Samarinda – koranprogresif.co.id – Istri Wakil Presiden Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla, selaku ketua Umum Dekranas hadir dalam acara Pembukaan Sinergi Program Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan TP PKK di Ballroom Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Senin (15/07/2019).

Dalam sambutannya, Istri Wakil Presiden, Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla mengungkapkan acara ini menjadi upaya nyata sebagai pendorong penggiat Koperasi dan UMKM agar lebih giat meningkatkan kemampuan SDM.

“Kemampuan SDM akan memproduksi kerajinan yang berkualitas dan mempunyai daya saing global,” kata Mufidah.

Permasalahan yang dialami hingga saat ini bagi para pelaku Koperasi dan Usaha Mikro dan Menengah (KUMKM) ialah permodalan, pemasaran, serta teknik produksi. 3 permasalahan ini akan mempengaruhi produk KUMKM dalam persaingan global yang semakin ketat.

Dengan acara ini, saya harapkan dapat ditingkatkan demi mengetahui dan menggali potensi di Kaltim. Seperti anyaman, tenun, manik-manik. Kita harus kembangkan desain yang mengikuti zaman, namun tetap mempertahankan identitas tradisional, jelasnya.

“Istri Wakil Presiden Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla juga mengajak kolaborasi antara Dekranas, Dekkranasda, Dinas terkait, BUMN, dan penggerak PKK terkait pengembangan dan pembinaan Koperasi dan UMKM di Kaltim,” pesannya saat membuka secara resmi Senergi Program KUMKM Dekranasda Kaltim dan Mufidah Jusuf Kalla, melihat hasil UMKM yang dipamerkan dalam kegiatan.

Bertemakan tenun sarung Samarinda, ketua Dekranasda Kaltim, Norbaiti Isran Noor mengajak para peserta untuk mengikuti pelatihan dengan sungguh – sungguh.

“Kita laksanakan dengan optimis yang kuat, kerja keras dan kerja cerdas,” kata Norbaiti dalam sambutannya.

Acara ini beragendakan sosialisasi dan Bimtek dana bergulir LPDB KUMKM, konsultasi dan pemberkasan Sertifikasi hak cipta produk KUMKM, konsultasi penguatan kemitraan usaha KUMKM berbasis rantai atau nilai pasok.

Tak hanya itu, terdapat sosialisasi juknis pendampingan KUR tahun 2019, sosialisasi jabatan fungsional pengawas koperasi, pelatihan koperasi, pelatihan kewirausahaan, pelatihan vocational, serta temu mitra KUMKM produk unggulan di daerah. (Red/Penrem 091/ASN).

News Feed