oleh

Hukum Sebagai Panglima, Denpom Lanal Bintan Gelar Opsgaktib

-Mitra tni-80 views

Bintan – Koranprogresif.co.id, Komandan Pangkalan Angkatan Laut Bintan Kolonel Laut (KH) Farid Ma’ruf, S.H., M.H., memerintahkan Dandenpom Lanal Bintan Mayor Laut (PM) Jusak N.A. Pardede, S.S., M.Han., untuk melaksanakan Operasi Penegakan dan Ketertiban (Ops Gaktib) guna menjaga dan meningkatkan disiplin Prajurit dan PNS TNI AL di lingkungan Lanal Bintan serta satuan TNI AL lainnya di Tanjung Uban, bertempat di Jalan Raya Gedung Nasional Tanjung Uban, Kamis (05/01/2023).

Sasaran razia pada kegiatan Opsgaktib Denpom Lanal Bintan dan Provost tersebut adalah penggunaan kendaraan dinas (randis) dan plat randis oleh yang tidak berhak, kelengkapan standard kendaraan lainnya, juga kelengkapan atribut seragam dinas, kelengkapan kendaraan, SIM, dan STNK dinas/sipil, serta pemeriksaan pemakaian SIM dinas bagi yang tidak berhak.

Dalam Operasi Gaktib ini, Dandenpom Lanal Bintan Mayor Laut (PM) Jusak N.A. Pardede, S.S., M.Han., selaku penanggung jawab operasi mengatakan, “Dengan adanya kegiatan Gaktib tersebut harapannya bisa sebagai tolak ukur kedisiplinan prajurit di wilayah hukum Denpom Lanal Bintan pasca relokasi Mako di Tanjung Uban dan satuan TNI AL lainnya yang berada di Tanjung Uban, serta selain itu juga sebagai upaya meminimalisir angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang dapat merugikan personil itu sendiri”.

“Kegiatan kepatuhan kepada aturan hukum ini akan digalakan secara rutin berkesinambungan yang sudah diawali oleh Prajurit Lanal Bintan untuk selalu melengkapi diri dengan STNK, surat pendukung lain, Rebuwes (Rijbewijs/SIM), helm pengaman warna biru (hiu helmet), selalu memberikan contoh yang baik kepada masyarakat sekitarnya dengan harapan situasi lalu lintas di Tanjung Uban tertib dan aman dari hal-hal yang tidak diinginkan bersama, tentunya masyarakat juga akan selalu menjunjung tinggi UU Nomor 22 Tahun 2009 dan angka kecelakaan dapat menurun” tambah Komandan Pangkalan Angkatan Laut Bintan.

Kegiatan Opsgaktib ini selaras dengan Penekanan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali yaitu Loyalitas tegak lurus dukung kebijakan pemerintah dan program TNI “TNI Patriot NKRI”.

(Red)

Berita Lainnya