oleh

Hendrik Yance Udam, Melantik DPAC Gercin Indonesia Se – Wilayah Adat Grime Nawa Jayapura

-Nusantara, Sosbud-128 views

Jayapura – koranprogresif.co.id – Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Rakyat Cinta Indonesia, Hendrik Yance Udam (HYU) secara resmi melantik Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) tingkat Distrik se-Wilayah Adat Grimenawa.

Pelantikan oleh Tokoh Nasional asal Papua merupakan Distrik yang berada di wilayah administrasi Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Diantaranya yang dilantik, yaitu Distrik Kemtuk, Distrik Kemtuk Gresi, Distrik Namblong, Distrik Nimboran, Distrik Nimbokrang, Distrik Unurumguai, Distrik Demta, Distrik Yapsi, Distrik Gresi Selatan, Distrik Lerah, Distrik Kaureh dan Distrik Pagai. Selain itu juga, dilantik Distrik Yokari, Distrik Depapre, Distrik Refenirara dan  Distrik Sentani Barat Moi.

Acara seremonial komitmen kebangsaan ini berlangsung, Selasa (19/04/2022) di Gereja GKI Filadelfia kampung Ibub Distrik Kemtuk Gresi Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. Dimana dihadiri oleh tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh pemuda serta perwakilan dari TNI dan Polri di wilayah Grimenawa.

Bahkan juga hadir Ketua dan pengurus DPD Gercin Indonesia Provinsi Papua, serta Ketua dan Pengurus DPC Gercin Indonesia Kabupaten Jayapura.

Dalam sambutan Ketua Umum DPN Gercin Indonesia, HYU mengatakan, para kader-kader Gercin Indonesia harus bisa menjemput perubahan serta jangan menjadi penghalang perubahan. Yang mana harus menjadi pembuat perubahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di tengah-tengah masyarakat.

“Kader-kader Gercin Indonesia, yang saya baru lantik DPAC Se -Wilayah Adat Grimenawa ini harus tampil di garis paling terdepan dalam mengawal keutuhan NKRI.

Terutama dari perpecahan serta melawan kelompok -kelompok tertentu yanag ingin memisahkan wilayah Papua dari NKRI,” tegas HYU.

Menurutnya, kader-kader Gercin Indonesia juga harus bisa bermitra dengan TNI dan Polri di wilayah setempat. Sehingga dapat mewujudkan harmonisasi pembangunan yang benar-benar berdampak postif kepada masyarakat setempat.

HYU berharap, agar supaya DPAC se-Wilayah Grimenawa yang baru saja di lantik, kiranya dapat menjalankan program-program kerja yang akan di sepakati bersama. Agar nantinya dalam gerak langkah membangun papua yang bangkit, mandiri dan sejahtera.

“Setalah saya melantik DPAC yang ada di Wilayah Grimenawa, maka selanjutnya Ketua DPAC yang baru dilantik kiranya juga dapat melantik dan melakukan konsolidasi Organisasi Gercin Indonesia sampai ketingkat Dewan Pimpinan Ranting (DP – RAN ) di Wilayah Grimenawa,” pintanya.

Sehingga kata HYU, Gercin Indonesia berada sampai ke tingkat keurahan dan kampung membumikan gerakan di seluruh wilayah Indonesia dari sabang sampai Merauke.

“Di seluruh Papua pengurus Distrik dan Ranting harus terus terbentuk,” pungkas HYU mengajak peserta yang hadir acara pelantikan.

Sementara itu, Koordinator Gercin Indonesi Wilayah Adat Grimenawa, Steven Waicang mengatakan, sudah saatnya anak-anak lembah Grimenawa harus bangkit dan menjadi pemimpin di tingkat Daerah dan Nasional. Sebab katanya, jalannya sudah dirintis atau di siapkan oleh Bapak HYU, Ketua Umum Gercin Indonesia, yang juga adalah putra terbaik Bangsa asal lembah Grimenawa, Jayapura, Papua.

“Anak-anak Grimenawa harus tampil cemerlang dengan mengunakan kendaraan Gercin Indonesia sebagai instrumen sosial untuk mengembangkan setiap potensi-potensi yang ada,” ujarnya.

Steven akrabnya, juga sangat berterima kasih kepada Ketua Umum DPN Gercin Indonesia, Bung HYU yang sudah bisa meluangkan waktunya yang begitu sibuk di Jakarta untuk hadir di lembah Grimenawa Kabupaten Jayapura.

Dimana dalam rangka melantik DPAC se-Wilayah Adat Grimenawa.

Selain itu juga, HYU memberikan motivasi kepada generasi muda di wilayah ini untuk bisa berkembang dan maju.

Menurut Waicang bahwa, Lembah Grimenawa adalah daerah yang terlupakan oleh setiap kebijakan-kebijakan pemerintah yang ada.

Dari Bupati ganti Bupati yang memimpin Kabupaten Jayapura Lembah Grimenawa, tetap masih seperti yang dulu, tidak ada perubahan yang siknifikan.

“Saat ini dengan kehadiran Gercin Indonesia di wilayah Adat Grimenawa, maka kita generasi muda serta masyarakat Adat Grimenawa dapat merapatkan barisan satukan langkah untuk mengisi pembangunan yang ada dengan ide-ide kreatif kita,” tandasnya.

Sebab kata Waicang, Gercin Indonesia adalah Gerbang Emas untuk masyarkat yang ada di Tanah Papua terlebih khusus kepada kami putra-putri Grimenawa.

“Setelah pelantikan 12 DPAC Se Wilayah adat Grimenawa, maka saya akan melaporkan hasil kegiatan tersebut kepada para ondoafi-ondoafi dan kepala suku-kepala suku yang ada di wilayah Adat Grimenawa. Sehingga mereka bisa mengerti dan memahami tentang visi dan misi Gercin Indonesia. Untuk itu, keterlibatan para tokoh-tokoh tersebut di Gercin Indonesia, sangat diperlukan untuk memperkuat eksistensi NKRI di Tanah Papua,” pungkas Waicang. (Red).

Berita Lainnya