oleh

Era Bersejarah, Launching Transformasi Proses Bisnis Koperasi Korem 102/Pjg Berkah “Go Digital”

Palangka Raya – koranprogresif.co.id – Koperasi Korem 102/Pjg memasuki era baru. Sejalan dengan perkembangan jaman, yang memasuki era digital, maka Koperasi Korem 102/Pjg melakukan transformasi proses bisnis menuju era digital dalam pelayanan yang dilaunching di halaman Koperasi Korem 102/Pjg, Jl. Imam Bonjol 05 Palangka Raya, pada hari Jum’at (10/06).

Kegiatan yang diawali dengan jalan santai menyusuri beberapa ruas jalan utama di kota Palangka Raya dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalteng beserta Ibu, Ibu Ivo Sugianto Sabran,  isteri Gubernur Kalteng yang juga sebagai ketua Dekranasda Kalteng, Danrem 102/Pjg beserta Ibu, Kapolda oKalteng (diwakili), Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng, Leonard S. Ampung, Kajati Kalteng (diwakili), Kadis Koperasi dan UMKM Prov. Kalteng, Kepala OJK Kalteng, Vice Presiden BRI,  Pimpinan BRI cabang Palangka Raya beserta staf, pimpinan Icon+ PLN Kalteng, Kasiren Korem 102/Pjg, para Kasi Kasrem 102/Pjg, para Dandim Jajaran Korem 102/Pjg, para Dan/Ka Balak Aju Rem 102/Pjg, Dan Yonif R 631/Atg, Dan/Ka Balak Rem 102/Pjg, Ketua  Persit KCK Koorcab Rem 102 PD XII/Tpr beserta pengurus, Ketua Gerdayak Kalteng Bapak Yansen Binti, pimpinan ormas Pemuda Pancasila dan anggota, segenap prajurit dan  PNS TNI AD segarnizun Palangka Raya.

 

Dalam kesempatan memberikan sambutan, mengawali launching, Danrem 102/Pjg, Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, SE, MM menyatakan bahwa, saya punya impian untuk berperan aktif memajukan UKM/UMKM di Kalimantan Tengah menuju kesejahteraan masyarakat. Kiprah Korem 102/Pjg dalam menguatkan Koperasi dengan mentransformasi menuju digital dengan melibatkan perbankan dan para pelaku UKM/UMKM untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat menuju Kalteng makin BERKAH merupakan pengamalan dari Bakti TNI. Yaitu darma Bakti TNI dalam menangani masalah sosial dan kemanusiaan atas permintaan instansi terkait atau atas inisiatif sendiri yang terkoordinasikan dalam rangka pertahanan negara dan membantu kesulitan rakyat sehingga terwujud peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Poin-poin dalam Bakti TNI, lanjutnya, apabila diperdalam terkait konteks ini, sampai pada Koperasi Korem 102/Pjg. Kita serap beberapa pendapat dan masukan, sampailah pada nama bernuansa kearifan lokal, Talawang Mart. Yang berarti perisai yang melindungi kita semua. Talawang Mart ini kita kembangkan sebagai proses bisnis murni berbasis digital,  tidak hanya berdagang sembako namun dikembangkan dalam unit-unit usaha lainnya, seperti kerajinan, kuliner dan jasa.

“Perlu digaris bawahi bahwa Korem 102/Pjg setia dan loyal kepada keterwakilan pemerintah pusat di Kalimantan Tengah Yaitu pemerintah provinsi Kalteng,” tandasnya.

Sementara itu, pimpinan BRI Cabang Palangka Raya, Bobby Bayu Nurzaman dalam sambutannya menyatakan, BRI selalu siap mendukung inovasi Koperasi Korem 102/Pjg berupa transformasi digital, yang melibatkan para pelaku UMKM. BRI juga siap berkolaborasi dengan Babinsa atau pihak lainnya dalam memperkuat ketahanan ekonomi sebagai penyangga ketahanan nasional.

“Di tingkat nasional, Koperasi korem 102/Pjg melalui unit usahanya yang akan diluncurkan, Telawang Mart, merupakan yang pertama berkolaborasi dengan  program kampung brilian untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Selanjutnya, Wakil gubernur Kalimantan Tengah, H. Edy Pratowo menyatakan,  launching Talawang Mart warung Berkah yang digagas oleh Korem 102/Pjg merupakan gagasan yang sangat baik, dan ini selaras dengan keinginan pemerintah provinsi Kalimantan Tengah di tengah-tengah peningkatan perekonomian. Dua tahun lebih kita dilanda pandemi Covid-19, sehingga iklim ekonomi juga menurun, dan sekarang mulai bangkit kembali.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub juga mengajak seluruh institusi untuk berkolaborasi membangkitkan kembali ekonomi masyarakat Kalteng.

“Hal seperti ini bisa diikuti teman-teman dari institusi lain, kita terus semangatkan gelora untuk bangkitkan pemulihan ekonomi, sehingga pertumbuhan ekonomi di Kalteng akan semakin baik. Kita bersyukur, pertumbuhan ekonomi Kalteng di atas regional Kalimantan. Kita masih 7,20 persen, tertinggi dari seluruh wilayah Kalimantan,” tandasnya mantap.

Usai beberapa sambutan, dilanjutkan penandatanganan prasasti peresmian rehab bangunan Koperasi Korem 102/Pjg oleh Danrem 102/Pjg dan pembukaan selubung launching Talawang Mart transformasi proses bisnis Koperasi Korem 102/Pjg Berkah oleh istri Gubernur Kalimantan, Ibu Ivo Sugianto Sabran, yang juga sebagai ketua Dekranasda Kalteng, bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 102 PD XII/Tpr, Ny. Diyah Yudianto Putrajaya, didampingi Wagub Kalteng dan pejabat lainnya. (Red).

Berita Lainnya