oleh

Dua Kapal Koarmada II Terlibat Latihan Perang Bersama Di Laut Sulawesi

-Mitra tni-91 views

Koarmada II – Koranprogresif.co.id, Surabaya, 12 September 2021.Dua kapal dari jajaran Koarmada II yakni KRI Multatuli-561 dan KRI Bima Suci terlibat dalam latihan perang bersama, saat keduanya bertemu di perairan Laut Sulawesi pada Sabtu (11/9).

KRI Multatuli-561 dari jajaran Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada II, saat ini mengemban tugas dalam Operasi Keamanan Laut di Bawah Komando Operasi Guskamla Koarmada II. Sementara KRI Bima Suci dalam posisi pelayaran lintas laut menuju etape ke-6 di Nunukan bersama Satlat KJK 2021. Pertemuan ini dimanfaatkan kedua kapal untuk melaksanakan serial latihan bersama yakni Passing Exercise atau Passex.

Passex adalah latihan yang dilakukan antara dua angkatan laut ketika kapal perang salah satu negara melewati wilayah laut dari salah satu kedua negara tersebut. Dengan kata lain, Passex memiliki tujuan untuk melatih kerjasama antara dua angkatan laut. Usai melaksanakan Passex, dilanjutkan latihan Flaghoist, Semaphorex dan Flashex.

Menurut Komandan KRI Multatuli Kolonel Laut (P) Anton Pratomo, latihan bersama ini merupakan upaya untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan Taruna AAL Tk.III angkatan ke-68 yang onboard di KRI Bima Suci. “Disamping itu, latihan ini juga sebagai tindak lanjut dari arahan Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P., M.Tr.(Han) terkait kesiapsiagaan tempur kapal dan melatih uji terampil prajurit”, terang Kolonel Anton.

Tepat pukul 14.25 LT KRI MLT-561 meninggalkan KRI BSC untuk melanjutkan patroli menuju sektor operasi selanjutnya, dan KRI BSC pun melanjutkan etape sesuai dengan rencana menuju wilayah perbatasan di perairan Sebatik.

(Red)

News Feed