oleh

Dua Buah Truk Terbenam, Lalin Buntok Asam Terganggu

-TNI Polri-1.277 views

 

Buntok – koranprogresif.co.id – Dua unit truk bermuatan penuh, arah dari Buntok dan arah dari Palangkaraya terbenam di Jalan Asam-Buntok, Kecamatan Dusun Selatan (Dusel), Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), pada Rabu (24/03/2021).

Dari keterangan warga sekitar, kejadian itu sekitar pukul 07:00 WIB, truk yang terbenam itu baru bisa dievakuasi sekitar pukul 10:00 WIB, setelah semua muatannya dikeluarkan terlebih dahulu, dan dari kejadian itu lalulintas disekitar lokasi terganggu.

Dari pantauan awak media, sebelum truk tersebut berhasil dievakuasi banyak beberapa truk yang lain menunggu ingin melintas di jalan tersebut, serta kondisi jalan mengalami kerusakan yang cukup parah akibat amblesnya ke dua truk itu.

Mengetahui hal itu, Kasat Lantas Polres Barsel Iptu Haris Gunawan SH langsung menurunkan personelnya ke lokasi kejadian untuk mengatur lalulintas di lokasi tersebut.

Ruas Jalan Buntok Asam adalah satu-satunya akses darat bagi kendaraan umum dari Palangka Raya menuju daerah Barito melalui Kabupaten Barsel atau sebaliknya. Kini kondisi jalan tersebut butuh perhatian dari instansi terkait.

Ketua LSM-BMKKT, Joriaman Hutasoit turut mengomentari banyaknya truk maupun kendaraan umum yang terjebak diruas Jalan Buntok Asam tersebut. “Sebenarnya kerusakan jalan ini tanggung jawab siapa sehingga truk-truk maupun kendaraan umum sering terjebak di jalan yang rusak parah itu?,” ujarnya mempertanyakan, Rabu (24/03/2021).

Beberapa hari sebelumnya, sebuah tronton roda 10 bermuatan semen dari daerah Tanjung Tabalong Kalimantan Selatan (Kalsel) yang hendak menuju Kota Palangka Raya yang terbenam di ruas jalan yang rusak tersebut.

“Dinas terkait mesti ketat terhadap truk bermuatan yang melebihi kapasitas kemampuan jalan umum,” tegas Hutasoit. (Ben Progresif)

News Feed