oleh

Dosen UMPR Upayakan Peningkatan Literasi Sains di Pedalaman Kalteng

Palangka Raya – koranprogresif.co.id – Tim Dosen Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Tumbang Baraoi, Kecamatan Petak Malai, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Kegiatan dilaksanakan bekerja sama dengan pihak pengelola Taman Baca Baraoi yang dipimpin Muhammad Jumani.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18-19 September 2021 diikuti 20 orang peserta didik usia sekolah dasar. Tim Dosen yang melaksanakan kegiatan pengabdian terdiri dari Dr. Fathul Zannah, Arna Purtina, Ahmad Syarif dan Ade Shalahudin Permadi.

Salah seorang dosen, Dr Fathul Zannah mengungkapkan, kegiatan diharapkan dapat membantu peningkatan literasi sains masyarakat di Desa Tumbang Baraoi sebagai daerah pedalaman di Kalimantan Tengah. Daerah Hulu Katingan itu, menjadi tantangan tersendiri untuk didatangi.

“Medan cukup menantang ditambah dengan kondisi sarana listrik, signal, dan jaringan internet yang masih sangat minim. Namun bukan menjadi kendala yang berarti bagi TIM yang berangkat ke Desa Tumbang Baraoi,” tegas Fahtul Zannah.

Upaya peningkatan literasi sains khususnya bagi anak-anak, jelasnya, merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena harapannya ketika mereka memahami sains dengan baik, kelak mereka dapat menjadi generasi yang mampu menjaga kelestarian alam sekitar.

Menurut penuturan anak-anak di wilayah tersebut, jelas Fathul Zannah, menginginkan kegiatan kembali digelar, agar meningkatkan motivasi dan semangat belajar. Karena saat pandemi covid-19 sekolah diliburkan dan wajib belajar di rumah.

Pengelola Taman Baca Baraoi, M Jumani, menyambut baik kegiatan yang dilakukan tim dosen UMPR.

Ia berterima kasih atas kehadiran tim dosen dari UMPR di taman bacaan yang sederhana. Apresiasi yang luar biasa, karena rela menempuh perjalanan menuju ke Desa Tumbang Baraoi yang melelahkan dan menguji nyali.

“Semoga bisa berkolaborasi kembali di lain kesempatan. Kami berharap kegiatan bisa berlanjut kembali,” ungkap Jumani. (Har/Red Progresif).

Berita Lainnya