oleh

Dolfie Rompas: Asuransi Jiwasraya Harus Segera Melunasi Kewajibannya Kepada Nasabah

-Hukrim, Nasional-140 views

Jakarta – koranprogresif.co.id – Sidang perdata gugatan sederhana dengan nilai gugatan materil paling banyak Rp 500 juta, dengan no 11/Pdt.G.S./2021/ PN.Jkt.Pst sebagai pihak penggugat dan principal (Istia Umy Nurlela) menghadapi tergugat, PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Sidang tentang polis asuransi di PT. Jiwasraya (Persero) setelah jatuh tempo tidak dibayarkan oleh tergugat kepada penggugat perkara no 11 sebesar Rp. 350 juta. Mengajukan keberatan disertai dengan menyerahkan memori keberatan kepada panitera.

Dolfie Rompas, S.Sos, SH, MH, sebagai Kuasa hukum menuturkan, sidang gugatan sederhana kepada nasabah PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) telah mengajukan keberatan dan dikabulkan oleh majelis hakim bahwa pihak tergugat PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), harus segera melunasi sisa jatuh tempo yang Belum dibayarkan oleh tergugat kepada penggugat sebesar Rp. 350 juta.

”Pada gugatan awal tidak menerima dan harus melibatkan pihak OJK, pihak Bank Tabungan Negara (Persero) serta kementrian BUMN.

Namun didalam keputusan permohonan keberatan bahwa, majelis hakim membatalkan, dan gugatan penggugat dikabulkan karena ini gugatan wanprestasi. Ini semua terkait perjanjian polis asuransi yang terdiri dua belah pihak,” ucap Dolfie, saat menjelaskan kepada awak media, hari selasa (23/11/2021), di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dolfie melanjutkan, setelah putusan keberatan disetujui majelis hakim seharusnya tergugat tidak ada alasan lagi untuk segera membayar yang menjadi hak penggugat.

”Ini sudah jelas bahwa pihak Asuransi Jiwasraya telah melakukan wanprestasi (ingkar janji) terhadap penggugat (Istia Umy Nurlela) karena pada saat jatuh tempo, pihak tergugat tidak melakukan pembayaran premi pokok asuransi,” imbuhnya.

Keputusan dari Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang terdiri Suparman Nyompa, SH, MH, Sebagai Ketua Majelis Hakim, berikutnya Fauzul Hamdi, SH, MH dan terakhir Dariyanto, SH, MH mengabulkan penggugat untuk dapat menerima kembali hak dari tergugat, merupakan kemenangan seluruh nasabah PT. Asuransi Jiwasraya (Persero).

“Keputusan Hakim terkait pembatalan Putusan no 11/PDT.G.S/2021/PN.Jkt.Pst dan mengabulkan bahwa tergugat telah terbukti melakukan wanprestasi terhadap penggugat. Selanjutnya, menghukum tergugat untuk mengembalikan premi pokok sebesar Rp 350.000.000 kepada penggugat. Berikutnya, menghukum tergugat untuk membayar bunga keterlambatan pembayaran sebesar 6% per tahun sejak tanggal 29 Juni 2020 hingga tergugat mengembalikan seluruh premi pokok kepada penggugat,” pungkas Dolfie kepada awak media. (Ar).

News Feed