Diperkuat Prajurit Baru, Lanal Tarempa Gelar Acara Tradisi Penerimaan Bintara Remaja

Mitra TNI8 views

KepulauanAnambas – Koranprogresif.co.id, Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Ibni Jauhari memimpin Acara Tradisi Penerimaan Bintara Remaja Angkatan XLII Gelombang l Tahun 2022 yang diikuti oleh Prajurit Lanal Tarempa di Lapangan Apel Mako Lanal Tarempa, Jalan Hangtuah, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (27/03/2023).

Kegiatan ini merupakan tradisi Lanal Tarempa dalam rangka menyambut personel baru yang telah menyelesaikan pendidikan dasar dan akan memasuki kesatuan barunya yaitu di Lanal Tarempa. Sedangkan tujuannya adalah untuk menumbuhkan rasa kebanggaan sebagai seorang prajurit yang ditugaskan di Lanal Tarempa melalui tradisi penyambutan sebagai bagian dari keluarga besar Lanal Tarempa oleh Komandan, Perwira Staf dan seluruh anggota.

Pada kesempatan ini, Lanal Tarempa mendapatkan perkuatan sebanyak 3 (tiga) personel Bintara Remaja. Sebelumnya, para Bintara Remaja ini berhasil menyelesaikan pendidikan pertama militer di Komando Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Surabaya.

Mengawali amanatnya, Danlanal Tarempa mengingatkan segenap prajurit Lanal Tarempa untuk selalu bersyukur dan mengucapkan selamat datang kepada Bintara Remaja Lanal Tarempa. “Untuk para Bintara Remaja, saya ucapkan selamat datang di Lanal Tarempa, saya yakin dan percaya bahwa Bintara Remaja yang ditugaskan di Lanal Tarempa adalah prajurit-prajurit terbaik lulusan Kodiklatal. Dengan bekal ilmu yang diperoleh selama pendidikan diharapkan kalian akan mampu untuk mengawaki Pangkalan yang berada di wilayah perbatasan ini,” ucap Danlanal Tarempa.

Mengakhiri amanatnya, Komandan Lanal Tarempa berpesan kepada para Bintara Remaja agar terus meningkatkan semangat, menambah ilmu dan mengasah keterampilan prajurit masing-masing, menjunjung tinggi martabat dan kehormatan diri, keluarga, TNI/TNI AL dan satuan, khususnya Lanal Tarempa, serta selalu bersyukur atas apa yang telah dicapai hingga saat ini sebagai suatu anugerah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan dan lindungan-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada TNI AL, TNI, bangsa dan negara… PIJAK SAKTI PANGLIMA SAMUDRA,” tutup Danlanal Tarempa

Inti kegiatan tradisi yaitu berupa penyiraman air kembang kepada seluruh Bintara Remaja oleh Danlanal Tarempa yang bermakna sebagai simbol pembersihan fisik dan mental para prajurit muda yang baru keluar dari “Kawah Chandradimuka” sebelum melaksanakan tugasnya di Lanal Tarempa. Selanjutnya para Bintara Remaja tersebut akan mendapatkan bimbingan dan asuhan dari Perwira dan Bintara senior selama masa orientasi, yaitu masa pengenalan lingkungan kedinasan dengan berbagai kegiatan positif yang terjadwal untuk membekali para Bintara Remaja dengan wawasan seputar penugasan dalam lingkup organisasi Lanal Tarempa yang belum pernah diterima sebelumnya dan mempercepat proses adaptasi, pemahaman serta penguasaan tugas dan tanggung jawab jabatan masing-masing, di samping kegiatan mengenal dan membangun hubungan sosial dengan atasan maupun bawahan sebagai bagian dari Keluarga Besar Lanal Tarempa

(Red)

Berita Lainnya