oleh

Dipelopori Polres, PD Aisyiyah Karawang Sukses Gelar Vaksinasi Covid-19

Karawang – koranprogresif.co.id – Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Karawang melalui Ketua Majelis Kesehatan, Hj. Srikanti, SKM, menyambut baik Program Vaksinasi Covid-19 yang diprakarsai Polres Kabupaten Karawang.

“Saat ini sedang dilaksanakan vaksinasi Covid-19. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama PDM (Pimpinan Daerah Muhammadiyah) PDA, IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) IPM (Ikatan Pemuda Muhammadiyah) dan Polres Kabupaten Karawang sebagai penyelenggara,” demikian terang Hj. Srikanti, SKM, Kamis (16/09/2021), di Masjid Al Ghammar (ICM) Wadas, Teluk Jambe Timur.

Lebih lanjut Hj. Srikanti, SKM menjelaskan saat ini tersedia 300 kuota vaksin untuk masyarakat umum. Semoga kuota terpenuhi.

“Kami mendukung program vaksinasi yang diprakarsai Polres Kabupaten Karawang, dengan tujuan agar masyarakat yang sudah divaksinasi mempunyai antibodi untuk menekan virus Covid-19, sehingga tidak mudah terpapar, kalau terpapar tidak berat kasusnya. Insya Allah, kami berharap semua masyarakat sehat mulai usia 12 tahun untuk melakukan vaksinasi,” ungkapnya.

Dijelaskan juga, Covid belum berakhir, masyarakat harus waspada, tetap menjalankan imam, imun, dan aman. Iman artinya, kita harus meyakini bahwa Covid ni ada di Indonesia khususnya di Karawang atas seijin Allah, maka kita harus banyak berdoa, beristighfar, berdzikir, agar Covid segera diangkat kembali oleh Allah dan kita sehat walafiat, selalu dalam lindungan-Nya.

“Imun artinya, imun kita kuat sehingga tidak mudah terpapar Covid/sakit, maka kita harus bergaya hidup sehat, makan teratur, gizi seimbang, minum air mineral minimal 2 liter/hari, beraktivitas fisik dengan berolahraga 1/2 jam setiap hari atau terkait usia sesuai kemampuan dan kebutuhan. Cukup istirahat tidur malam min 6 – 8 jam, hindarkan stres, diusahakan berjemur diri setiap hari 1/2 jam antara waktu jam 07.00 – 10.00,” katanya.

“Aman artinya, kita harus menjalankan protokol kesehatan tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, tidak berkerumun, kalau tidak perlu di rumah saja. Tidak di masa pandemi saja, kita terus berperilaku hidup bersih dan sehat, melakukan gerakan masyarakat untuk hidup bersih dan sehat. Insya Allah,” imbuh Hj. Srikanti, SKM.

Dikatakannya juga, bahwa dalam penanggulangan Covid-19, PDA memberikan edukasi tentang vaksin, vaksinasi, efek samping, panduan isoman untuk meningkatkan kepedulian masyarakat, melalui ke 4 PCA yakni Cikampek Barat, Karawang Timur, Karawang Barat dan Kalangsari dan 4 pengurus Ranting Cikampek Barat.

“Kami juga bekerja sama dengan IPM melakukan gerakan peduli setiap hari Jumat dengan memberikan berupa makanan dan minuman kepada pekerja informal. Selain itu kami juga bekerjasama dengan LAZISMU, PDM, memberikan bantuan sosial berupa beras dan uang tunai kepada dhuafa di lingkungan Pedes/Rengas Dengklok,” terangnya.

Selain itu, tambah dia, kami juga memberikan edukasi tentang program unggulan Majelis Kesehatan, Gras (Gerakan Aisyiysh Sehat) yang ruang lingkupnya tentang KIA – KB, immunisasi dasar, stunting, Germas, TB, PHBS, ke 4 PCA.

“Semoga kegiatan-kegiatan yang kami lakukan selama ini memberikan manfaat untuk orang banyak, masyarakat pada umumnya. Insya Allah, aamiin yarrobbal alamin,” tutup Hj. Srikanti, SKM. (Ari/Red).

News Feed