oleh

Diikuti 935 Prajurit Siswa, Kasdam I/BB Buka Secara Resmi Diktukba dan Dikmata TA 2019

Siantar – koranprogresif.co.id – Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Hassanudin, SIP yang mewakili Pangdam, secara resmi membuka Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AD Tahap I TA 2019 sebanyak 605 orang, dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) PK TNI AD Gelombang I TA 2019 sebanyak 330 orang, bertempat di Mako Rindam I/BB, Pematangsiantar, Sumatera Utara, Senin (22/4/2019).

Dalam amanat tertulisnya, Pangdam I/BB mengucapkan selamat kepada prajurit siswa yang telah lulus seleksi dan terpilih untuk mengikuti Diktukba dan Dikmata ini.

“Keberhasilan ini patut disyukuri. Karena banyak teman kalian yang belum mendapat kesempatan seperti ini. Rasa syukur ini hendaknya ditunjukkan dengan kepatuhan melaksanakanm ketentuan dan aturanm dalam lembaga pendidikan, serta belajar dan berlatih dengan baik sebagai bekal tugas di satuan nantinya,” pesan Pangdam.

Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) bertujuan untuk menyiapkan para Bintara sebagai unsur pembantu pimpinan. Baik di satuan tempur maupun satuan komando kewilayahan yang memiliki kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak dengan dilandasi ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan jiwa kejuangan yang tinggi, memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap setiap perkembangan yang terjadi di lingkungan tugasnya, serta memiliki kondisi jasmani yang Samapta.

“Di samping itu, Pendidikan Pembentukan Bintara TNI AD juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan keterampilan dasar golongan Bintara, sehingga dapat diimplementasikan dalam menjawab tuntutan tugas di masa depan yang semakin kompleks dan dinamis,” jelas Pangdam.

Diktukba akan berlangsung selama lebih kurang 10 minggu. Pendidikan ini merupakan wujud perhatian Komando Atas kepada para prajurit siswa dalam meningkatkan moril dan kepercayaan diri prajurit siswa yang telah mengabdikan diri di TNI AD selama ini.

Diktukba juga sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para prajurit siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi berbagai perkembangan situasi bangsa di masa mendatang.

Begitu juga terhadap prajurit siswa yang mengikuti Dikmata, Pangdam I/BB menegaskan, kesempatan ini tentu hanya dapat diraih dan dicapai oleh para pemuda yang tangguh dan bermental baja. “Kalian yang berdiri dihadapan saya ini adalah pemuda-pemuda tangguh dan bermental baja itu,” ucap Pangdam.

Pangdam berpesan, keberhasilan yang telah diraih calon prajurit siswa ini merupakan sebuah sukses awal dari perjuangan panjang yang harus ditempuh.

Oleh karena itu, manfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu kemiliteran dengan belajar dan berlatih secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab.

“Di lembaga pendidikan ini, para prajurit siswa akan dihadapkan pada berbagai rangkaian kegiatan pendidikan dan latihan yang cukup berat dan melelahkan. Namun dengan tekad yang kuat, saya yakin kalian akan dapat mengikuti dan menyelesaikan Pendidikan Pertama ini dengan baik,” ungkap Pangdam.

Kepada Komandan Rindam I/BB, Kolonel Inf Zainuddin, Pangdam meminta agar menempa para prajurit siswa ini menjadi prajurit yang andal di berbagai medan penugasan. Inovasi dan improvisasi dalam penyelenggaraan pendidikan perlu dikembangkan agar kemampuan penalaran yang logis bagi peserta didik dapat berkembang, sehingga mampu memecahkan masalah dengan tepat sesuai tugas pokok, pesan Pangdam.

“Tidak kalah penting, laksanakan pengawasan kepada peserta didik. Agar proses pendidikan dapat berjalan dengan lancar dan aman,” tambah Pangdam seperti dibacakan Kasdam I/BB, Brigjen TNI Hassanudin, SIP.

Tampak hadir di acara, antara lain Danrem 022/PT, para Waas Kasdam I/BB, para Perwira Staf dari Rindam I/BB, Korem 022/PT dan Kodam I/BB. (Red).

News Feed