oleh

Dihari Pertama, Danramil 15/Dukun Memberikan Wasbang dan PBB Kepada Murid Baru

 

Magelang – koranprogresif.co.id – Komandan koramil 15/Dukun Kodim 0705/Magelang, Kapten Arm. Simin memberikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) dan latihan PBB kepada siswa/siswi SMAN 1 Dukun disela-sela masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), bertempat di aula dilanjutkan dihalaman SMAN 1 Dukun kecamatan Dukun, Senin (15/07/2019).

Sekolah Menengah Atas merupakan jenjang pendidikan menengah yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa.

Pada usia seperti ini, tentu sangat penting diberikan bekal wawasan yang memadai untuk mewarnai perjalanannya dalam meraih cita-citanya dimasa yang akan datang.

Pemberian wawasan kebangsaan disesuaikan dengan usia sehingga mudah dicerna, dipahami dan dimengerti oleh siswa-siswi di tingkat Sekolah Menengah sehingga bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari – hari baik itu disekolah maupun selepas sekolah.

Komandan Koramil mengatakan, penyampaian materi wawasan kebangsaan ini merupakan penjabaran program pembinaan teritorial (Binter), yang diperintahkan oleh komando atas salah satunya bertujuan untuk membentuk generasi muda yang berkarakter, berjiwa nasionalis yang tinggi dan generasi yang mencintai tanah airnya.

“Koramil 15/Dukun kodim 0705/Magelang telah berkoordinasi dengan Kepala Sekolah untuk memberikan waktu bagi anggota Koramil untuk memberikan pembekalan Wasbang kepada siswa-siswinya,” kata Danramil.

Danramil menyampaikan, dalam pemberian materi, tentunya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SMA yaitu dengan pola mengajak kembali untuk mengingat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya, menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai hormat menghormati, kesetiakawanan, sopan santun dan giat belajar sebagai bagian untuk mengisi pembangunan.

Dengan pembekalan Wasbang akan tumbuh rasa bela negara, rasa cinta tanah air yang nantinya dapat menjadi generasi muda yang mampu menjaga kedaulatan NKRI.

Sedangkan Kepala Sekolah SMPN 1 Dukun, Marjono, S.Pd menyampaikan, dengan adanya program kegiatan seperti ini sangat membantu pihak sekolah untuk menanamkan disiplin dan wawasan kebangsaan terhadap siswa dan siswi baru.

“Kehadiran TNI dalam upaya menanamkan disiplin dan wawasan kebangsaan terhadap siswa dan siswi sangat penting sekali, untuk itu pihak sekolah sangat berharap semoga kerja sama ini terus ditingkatkan agar nilai – nilai kejuangan dan disiplin tetap tertanam di hati mereka guna menyongsong dan menghadapi cita – cita mereka kelak,” ujarnya.

Setelah selesai pemberian materi wawasan kebangsaan, siswa dan siswi dilatih oleh anggota TNI tentang peraturan baris berbaris (PBB), latihan tersebut bertujuan untuk menanamkan jiwa disiplin, rasa kebersamaan dan melatih konsentrasi.

Reza, salah satu siswa mengatakan, Saya sangat senang dan berterima kasih kepada bapak danramil dan Babinsa yang telah membantu kami dalam pemberian materi wasbang dan PBB.

“Kami berharap, setelah pemberian ini para siswa bisa lebih disiplin dan tekun dalam belajar sehingga apa yang kami cita – citakan kelak akan tercapai,” ujarnya. (Red/Pen).

News Feed