oleh

Didominasi Usia Muda Dan Lulusan Sarjana, Bupati Kapuas Harapkan 133 Kades Baru Dilantik Bekerja Lebih Baik

Kuala Kapuas – koranprogresif.co.id – Bupati Ben Brahim S Bahat, MM, MT baru saja melantik 133 Kepala Desa (Kades) terpilih periode 2022-2028 di Aula Pemda Kapuas, Senin (29/08/2022). Disebut didominasi usia muda dan berpendidikan rata-rata sarjana (S1), pengelolaan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) diharapkan bisa lebih baik.

Ben Brahim S Bahat menegaskan, dengan banyaknya Kades yang memiliki Pendidikan S1 dan rata-rata masih berusia muda, maka kinerja mereka dalam membangun desa diyakini lebih baik. Sehingga DD dan ADD bisa lebih bermanfaat dalam mensejahterakan masyarakat serta memajukan wilayah perdesaan.

“Kita bersyukur telah melakukan pelantikan Kades hari ini, kita lihat banyak anak-anak muda dan lulusan S1, harapan kita pelaksanaan DD dan ADD semakin baik dan bermanfaat kepada masyarakat,” ujar Ben Brahim usai pelantikan.

Ia juga mengharapkan, penyusunan APDes bisa disusun di kecamatan dengan berkelompok. Kemudian, dibimbing oleh petugas dari Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Pembimbing ini didatangkan khusus dari Kabupaten. “Supaya pengelolaan keuangan desa dengan baik dan tidak ada yang tertahan dan semua bisa dilakukan serta diselesaikan di Kecamatan,” katanya.

Sekedar diketahui bahwa, pemilihan kepala desa yang dilaksanakan tahun 2022 ini di 155 desa. Tetapi ada 22 desa yang masih belum bisa mengikuti pelantikan, lantaran ada gugatan dan laporan terkait pemilihan serta calon terpilih.

Menanggapi ini, Bupati Kapuas mengatakan, akan mengikuti proses yang sudah berjalan. Sampai adanya ketetapan bahwa calon yang terpilih sudah benar-benar sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada. “Kita ikuti proses 22 desa yang belum dilantik, mana yang betul-betul sesuai ketentuan dia lolos sebagai pemenang, maka akan segera dilantik,” ujarnya.

Pada waktu yang sama, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas, Ary Egahni Ben Bahat, SH, MH, mengukuhkan Bunda Paud. Harapanya, agar Ibu TP PKK tingkat desa dan Bunda Paud desa mendukung Kades terpilih. Dengan melaksanakan program PAUD di Desa.

“Ini sebagai suatu spirit untuk mengkaryakan dirinya dan menyusun program kerja supaya seluruh anak usia dini cerdas secara akademi dan cerdas secara spiritual, dan saya selalu memotivasi dan memberikan semangat agar program pemerintah bisa berjalan dengan baik,” jelas Ary Egahni yang juga Anggota Komisi III DPR RI ini. (Tatang Progresif).

Berita Lainnya