oleh

DIBUKA LANGSUNG OLEH KASAL, DANLANAL DENPASAR HADIRI SEMINAR HARI HIDROGRAFI DUNIA DI THE ANVAYA BEACH RESORT KUTA BALI

-Mitra tni-199 views

 

Denpasar – Koranprogresif.co.id,  9 Juni 2022 Bertempat di Hotel The Anvaya Beach Resort, Kuta Bali Komandan Lanal Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, S.E. menghadiri Seminar Internasional Hari Hidrografi Dunia Tahun 2022 Pushidrosal (World Hydrography Day 2022 International Seminar) dengan tema “Hydrography – Contributing to The United Nations Ocean Decade” (Hidrografi – Berkontribusi pada Dekade Kelautan Perserikatan Bangsa-Bangsa), Adapun Seminar Internasional yang diselenggarakan secara hybrid ini dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono secara virtual, Kamis (9/6/2022).

Turut hadir sebagai undangan secara daring Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan, Plt. Asisten Deputi (Asdep) Delimitasi Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan Kemenko Marvest Sora Lokita, S.H., VADM Dr. Fujita Masayuki (Japan/Ketua Komisi Hidrografi Asia Timur), Dr. Thomas Heege (German/Direktur Pelaksana EOMAP), Sekretaris Ditjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian KKP Dr. Hendra Yusran Siry, S.Pi., M.Sc.

Adapun yang hadir langsung di tempat acara di Hotel The Anvaya antara lain Danpushidrosal Laksdya TNI Nur Hidayat, Asops Survei dan Pemetaan Danpushidrosal Laksma TNI Dyan Primana Sobaruddin, M.Sc., Danlantamal V Laksma TNI Yoos Suryono Hadi, Dankoopskasel Koarmada RI Laksma TNI Indra Agus Wijaya, Kadis Survei dan Pemotretan Udara TNI AU Marsma TNI Asri Samawi, Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Bakamla Laksma TNI Hanarko Djodi Pamungkas, Danlanal Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, S.E., Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori, Danlanud I Gusti Ngurah Rai diwakili Kadislog Letkol Kal Onni Ananda, Top Dam IX/Udy Mayor Rinif Macanto.

Perwakilan dari Luar Negeri diantaranya RADM Luigi Sinapi (Director of IHO/International Hidrographyc Organization), RADM Rhett Hatcher (Hidrografer Nasional United Kingdom dan Wakil Kepala Eksekutif UKHO), Mr. Evert Flier (Norwegia/Ketua Komite Pemandu GEBCO), CDRE Stewart Dunne (Hidrografer Royal Australian Navy), serta perwakilan dari Negara-negara sahabat yaitu German, Japan, Malaysia, USA, Netherlands, Singapore, Oman serta Perwakilan dari Kemenko Marvest RI, Kemenhan RI, Kementerian KKP, Kemmenterian ESDM, Kemenhub RI, Kemenparekraf, Bappenas, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Badan Informasi Geospasial, BMKG, Kadishub Prov. Bali, Dekan Fakultas Teknologi Kelautan, ITS, Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, ITB, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor, PT. Pelindo III, PT. Hidronav Tehnikatama, PT. Geotronix Pratama Indonesia dan PT. Indonusa Marine.

Dalam sambutannya Kasal yang intinya mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan pertemuan World Hydrography Day 2022 di Bali dan dengan pertemuan ini dapat meningkatkan standart pelayanan hidrografi.

Menurut Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat menjelaskan agenda yang dinisiasi oleh PBB pada tahun 2015 yang disebut UN Sustainable Development Goals (SDG’s) yang memuat 17 tujuan global, dari 17 tujuan global tersebut, yang paling erat kaitannya dengan bidang Hidro-Oseanografi adalah tujuan ke-14.

“Tujuan global ke-14 yaitu Life Underwater, meliputi konservasi dan pemanfaatan sumber daya kelautan, kelautan dan maritim untuk pembangunan berkelanjutan,” kata Danpushidrosal.

Lebih lanjut Danpushidosal mengatakan, Seminar ini para pakar dari dalam maupun luar negeri membahas tentang kontribusi dan peran hidrografi dalam mendukung terwujudnya program Ocean Decade maupun tujuan pembangunan berkelanjutan PBB.

“Kegiatan ini akan diikuti pada lingkup internasional dengan menghadirkan para pakar yang berkompeten baik dalam maupun luar negeri,” ujar dia.

Pushidrosal tidak hanya berfokus pada penyediaan data hidrospasial menjamin keselamatan pelayaran di seluruh perairan Indonesia di tingkat nasional, tetapi juga memiliki peran dan kontribusi di tingkat regional dan internasional. “Seminar ini menyoroti kontribusi nyata ilmu pengetahuan di bidang hidrografi, dalam kaitannya dengan pemanfaatan laut dalam rangka pembangunan berkelanjutan,” pungkasnya.

(Red)

Berita Lainnya