oleh

Di Bawah Panasnya Terik Mentari, Babinsa Koramil 08/Arongan Lambalek Tetap Semangat Bantu Petani Tanam Padi

-Mitra tni-71 views

 

Aceh Barat – Koranprogresif.co.id, Percepat masa tanam dan mendukung Program Pemerintah dibidang Ketahanan atau Swasembada Pangan, Babinsa Koramil 08/Arongan Kodim 0105/Abar Serda Agus Susanto dengan berpakaian dinas Tentara tanpa ragu – ragu terjun turun langsung ke Sawah milik lbu Juleha berbekal niat tulus, ikhlas, sigap dan cekatan untuk ikut membantu menanam padi secara Tandur (Tanam Mundur) di Desa Ujung Beusa Kecamatan Arongan Lambalek, Sabtu (31/12/2022)

Hingga detik ini seluruh Babinsa jajaran Kodim 0105/Abar masih mempunyai semangat dan berjiwa besar tak mengenal istilah ragu – ragu, apalagi untuk membantu para Petani dalam menanam Padi bersama – sama meskipun harus menghadapi alotnya lumpur dan diterpa hawa panas di tengah Sawah.

Inilah yang dilakukan salah satu Babinsa militan Koramil 08/Arongan yakni Serda Agus Susanto yang membantu salah satu Petani menanam Padi di atas lahan 1,5 Hektar yang ada di Desa binaannya. Yang secara kebetulan, lokasi Sawah tersebut tidak jauh dari Kantor Koramil dimana tempat Serda Agus Susanto melaksanakan aktivitas dinas sehari – hari.

Bukan tanpa alasan, hal itu dilakukan sebagai bentuk nyata pendampingan terhadap Petani yang merupakan salah satu tugas teritorial dalam mewujudkan program Pemerintah untuk menyukseskan program Swasembada/Ketahanan Pangan yang selama ini di gadang – gadang dan didengungkan oleh Pemerintah.

“Hari ini Kami meluangkan waktu untuk membantu Petani turun ke Sawah dalam proses penanaman Padi. Dan ini sudah menjadi rutinitas Kami sebagai seorang Babinsa. Banyak hal yang sudah kami lakukan semata – mata untuk memotivasi Petani agar dapat meningkatkan hasil panennya, sehingga kehidupan mereka semakin sejahtera. Setiap ada kendala Kita siap membantu dan mencari solusi dengan duduk bersama, sehingga semua dapat teratasi dengan baik dan cepat”, tutur Serda Agus saat ngaso

Masih menurutnya, hal tersebut dilakukan sebagai upaya kepedulian Babinsa untuk selalu mendampingi, mengawasi dan membantu secara langsung, untuk membangkitkan perekonomian masyarakat pasca dampak dari pandemi Covid – 19 hingga imbas dari kenaikan harga BBM.

“Kegiatan ini merupakan wujud Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, dan inilah salah satu bukti nyata Babinsa saat di wilayah untuk selalu memberi suntikan semangat kepada para Petani dalam menggarap lahan Pertaniannya”, ujar Serda Agus

Serda Agus menambahkan, Babinsa juga harus mengawasi lahan atau Sawah yang ada di Desa binaannya jangan sampai ada yang tidak ditanami. Dirinya berharap nantinya dengan cara ini Swasembada pangan yang ada di wilayah dapat tercapai dan kesejahteraan Petani akan meningkat.

Sementara bagi Ibu Juleha, dengan adanya pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa dampaknya sangat begitu positif. Selaku Petani benar – benar merasa terbantu dan berharap agar pendampingan seperti ini kedepannya dapat terus berkelanjutan.

(Red)

Berita Lainnya