oleh

DEKAT DENGAN WARGA, ANGGOTA KORAMIL KAUMAN BANTU PETANI BERSIHKAN GULMA

Ponorogo – koranprogresif.co.id – Gulma ataupun rumput liar, sangat mengganggu pertumbuhan tanaman padi, jika tidak dibasmi maka tanaman menjadi kurang subur dan mengakibatkan hasil panen berpotensi menurun.

Maka dari itu, disamping memberikan pupuk secara rutin dan berkala, keberadaan gulma dan rumput liar juga harus menjadi perhatian serius para petani.

Hari ini Serma Jauri Purwanto, Bati Bhakti Koramil 0802/05 Kauman melaksanakan Upsus pendampingan penyiangan gulma tanaman padi di lahan warga Dusun Tengah, Desa Sumoroto, Kecamatan Kauman, Senin (03/06/19).

Serma Jauri Purwanto mendampingi dan membantu Bapak Supriadi, anggota Kelompok Tani (Poktan) Bumi Subur melakukan penyiangan gulma pengganggu tanaman padi.

“Saya melihat Pak Supriadi bekerja di sawah sendirian, supaya pekerjaannya cepat selesai, saya turut membantu Pak Supriadi yaitu menyiangi gulma dan rumput liar yang tumbuh di sela-sela tanaman padi di sawah miliknya,“ katanya.

Keberadaan gulma, sangat mengganggu tanaman padi.

“Seperti diketahui, kesuburan suatu tanaman termasuk padi ini, disamping pemupukan yang terarah dan terprogram sesuai aturan, keberadaan gulma maupun rumput yang tumbuh liar di sela-sela tanamani, itu sangat mengganggu pertumbuhan padi itu sendiri dan merupakan kendala bagi para petani dalam menghasilkan panen yang maksimal,“ jelas Bati Bhakti.

Dalam membersihkan gulma tersebut, Serma Jauri dan Pak Supriadi melakukannya sambil diselingi candaan, sehingga pekerjaan yang mereka lakukan tidak begitu terasa melelahkan.

Dengan ikut membantu dan terus dekat dengan warga, ini adalah wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Dan itu harus terus dibina dan dilestarikan sehingga terjalin hubungan yang akrab diantara keduannya. (Red/MdC 0802).

News Feed