oleh

DANPUSHIDROSAL TERIMA KUNJUNGAN PENGURUS PII BANTEN

-Mitra tni-355 views

 

Jakarta – Koranprogresif.co.id, 21 Januari 2022 – Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P menerima kunjungan kerja Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia (PII) wilayah Banten,

Kunjungan yang dipimpin oleh Ketua PII Banten Laksamana Pertama TNI (Purn) Dr. Ir. Eden Gunawan, M.M.,IPM, ASEAN-Eng ini diterima Danpushidrosal yang didampingi pejabat utama di Anjungan Utama Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Jumat (21/01/2022).

Pada kesempatan tersebut, Komandan Pushidrosal menyampaikan secara umum tentang tugas, peran dan fungsi Pushidrosal, baik sebagai Kotama Ops TNI dan Kotama Bin TNI AL maupun sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, serta kiprah dan perannya sebagai representasi Pemerintah Indonesia di kancah internasional dalam bidang hidrografi, serta cakupan produk yang dihasilkan berupa peta laut, baik peta kertas maupun elektronik serta publikasi nautika guna mendukung keselamatan pelayaran.

Ditambahkannya, Pushidrosal sebagai lembaga yang memiliki fungsi dan peran di bidang hidro-oseanografi memiliki kontribusi penting pada sektor maritim di Indonesia, seperti; penyediaan peta laut untuk keselamatan navigasi pelayaran, penetapan batas maritim dengan negara tetangga, menunjang transportasi laut, perikanan, pengembangan wisata bahari, mendukung operasi militer, pembangunan pelabuhan, mitigasi bencana alam, pembangunan sungai dan pesisir, serta mendukung pengelolaan sumber energi laut.

Sementara itu, Ketua PII Banten menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dilaksanakan untuk melihat dari dekat Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional serta dalam rangka menambah wawasan anggota PII Banten tentang survei dan pemetaan hidro-oseanografi, mulai dari pengumpulan data hingga menjadi produk Peta Laut.

Pada kesempatan kunjungan tersebut, rombongan tamu PII Banten juga berkesempatan mengunjungi satuan kerja Pushidrosal, seperti Dinas Hidrografi, Dinas Pemetaan, Indonesian Hydrographic Data Center, Dinas Produksi dan Distribusi, Museum Pushidrosal, serta KRI Rigel-933 yang sedang bersandar di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara.

(Red)

Berita Lainnya