oleh

Danlantamal IX Tabur Bunga Peringati 205 Tahun Perjuangan Martha Christina Tijahahu

-TNI Polri-52 views

AMBON – koranprogresif.co.id – Komandan Lantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T. selenggarakan Upacara Tabur Bunga peringatan Perjuangan Pahlawan Nasional Martha Christina Tijahahu ke-205 Tahun (2 Januari 1818 – 2 Januari 2023), dengan mengangkat tema “Membangun Perempuan Maluku Yang Cakap Digital di Era Milenial”, bertempat di Dermaga Irian Lantamal IX Ambon, Senin (2/1/2023).

Martha Christina Tijahahu adalah seorang gadis dari Desa Abubu di Pulau Nusalaut. Lahir sekitar tahun 1800 dan pada waktu mengangkat senjata melawan penjajah Belanda berumur 17 tahun. Dalam perjuangannya, Martha Christina Tijahahu berperan dalam pertempuran melawan belanda di pulau Saparua tepatnya didesa Ouw, Ullath. Di tengah keganasan pertempuran itu, Martha memberikan Pekikan semangat kepada pasukan Nusa Laut untuk menghancurkan musuh.

Tabur bunga merupakan tradisi sekaligus simbol yang dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dan yang terpenting sebagai generasi penerus bangsa Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia wajib terus mewarisi semangat dan nilai-nilai kejuangan yang telah diberikan para pahlawan.

Sebagai Inspektur Upacara Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., dan Komandan Upacara Mayor Laut (K/W) dr. Indriani Mr. Hutagalung, Sp., THT., yang sehari-hari berdinas sebagai Dokter Spesial THT di Rumkital dr. FX. Surhardjo.

Pasukan upacara gabungan terdiri dari TNI Angkatan Darat, Laut, Udara, dan PNS Lantamal IX. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Korcab IX DJA III , Para Pejabat Utama Lantamal IX Ambon, Para Kasatker Lantamal IX Ambon, Para Pejabat Utama Polda Maluku, Undangan dari Instansi terkait, Perwakilan Pengurus Korcab IX DJA III, dan Para BA, TA serta PNS Lantamal IX. (Dispen Lantamal IX/Ambon)

Berita Lainnya