oleh

DANLANAL DENPASAR HADIRI APEL GELAR PASUKAN OPS PURI AGUNG V-2022 DALAM RANGKA PENGAMANAN RANGKAIAN KEGIATAN 7th GLOBAL PLATFORM FOR DISASTER RISK REDUCTION (GPDRR)

-Mitra tni-92 views

 

Denpasar – Koranprogresif.co.id, 19 Mei 2022 Global Platform For Disaster Risk Reduction (GPDRR) merupakan forum multi pemangku kepentingan yang diinisiasi oleh PBB untuk meninjau kemajuan berbagi pengetahuan dan mendiskusikan perkembangan dalam penanggulangan resiko bencana.

Pada hari Kamis tanggal 19 Mei 2022 pukul 09.00 s/d 09.30 Wita bertempat di Lapangan Lagoon Nusa Dua Bali Komandan Lanal (Danlanal) Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, S.E., menghadiri Apel Gelar Pasukan Ops Puri Agung V-2022 dalam rangka pengamanan rangkaian kegiatan 7th Global Platform For Disaster Risk Reduction (GPDRR). Bertindak selaku Pimpinan Apel Kapolda Bali Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., dengan Komandan Upacara Dirpolair Polda Bali.

Turut hadir dalam giat apel gelar tersebut diantaranya : Gubernur Bali I Wayan Koster, Wakapolda Bali Brigjen Pol I Ketut Suardana, Kelapa BNPB Prov. Bali diwakili oleh Tenaga Ahli BNPB Brigjen TNI (Pur) Herman, Perwakilan UNDSS (United States Department of Safety and Security) Mr. Sansan Rahimi, Kabinda Bali Brigjen Pol Hadi Purnomo, Dirpam Opvit Baharkam Polri Brigjen Pol Suhenri, Danrem 163/Wsa Brigjen TNI Choirul Anam, S.E., M.M., Danlanal Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, S.E., Danlanud diwakili Kadisops Lanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb Reza R.R. Sastranegara S.Sos., M.A.P., Kakansar Denpasar dan Seluruh Pejabat Utama Jajaran Polda Bali.

Kegiatan upacara yang diikuti oleh gabungan unsur TNI Polri tersebut dalam amanatnya Pimpinan Apel yang intinya sbb : Kegiatan apel gelar pasukan operasi pengamanan Puri Agung ke 5 Tahun 2022 dalam rangka pengamanan GPDRR ke-7 Tahun 2022, kita ketahui bahwa kegiatan GPDRR adalah multi pemangku kepentingan yang diselenggarakan 2 Tahunan yang diinisiasi oleh PBB untuk meninjau kemajuan berbagai pengetahuan dan perkembangan dalam penanggulangan resiko kebencanaan.

Dalam kegiatan rangkaian pengaman tersebut sebelumnya sudah dilaksanakan beberapa kali Rakor persiapan pengamanan untuk mempersiapkan segala sesuatunya berkaitan dengan pengamanan termasuk melaksanakan kegiatan latihan pra operasi untuk memberikan pemahaman terkait dengan standar operasional prosedur dan cara bertindak di lapangan.

Operasi pengamanan akan dilaksanakan selama 10 hari mulai dari tanggal 20 – 29 Mei 2022 dengan melibatkan personel pengamanan sebanyak 2.832 personil yang terdiri atas 1.476 personil Polda Bali, 997 personil dari satuan kewilayahan dan backup 359 personil dari Mabes Polri, serta terdiri dari 9 satgas, yaitu Satgas intelijen, Satgas bandara, Satgas pengamanan pengawalan rute, Satgas parkir pengamanan, Satgas pengamanan lokasi, penginapan, Bagasi, penindakan, penegakan hukum dan bantuan operasi.

Mengingat kegiatan GPDRR ini akan dihadiri langsung oleh Bapak Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia agar dilaksanakan simulasi pengamanan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan SOP dan tahapan yang telah direncanakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi. Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh personil Polda Bali dan jajaran serta komponen pengaman lainnya dan tetap semangat dalam melaksanakan pengamanan rangkaian Kegiatan nasional maupun internasional yang akan dilaksanakan di Bali, semoga Ida Sanghyang Widhi wasa Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan kepada kita semua juga pengabdian terbaik kepada masyarakat bangsa dan negara.

(Red)

Berita Lainnya