oleh

DANLANAL DENPASAR HADIRI ACARA PENANAMAN MANGROVE DALAM RANGKA HUT KOREM 163/WSA

-Mitra tni-184 views

 

Denpasar – Koranprogresif.co.id,  8 Februari 2022. Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., yang diwakili Paspotmar hadiri acara penanaman mangrove yang diprakarsai Danrem 163/Wsa Brigjen TNI Husein Sagaf di Kampung Nelayan Wana Segara Kertih Kedonganan, Selasa 8 Februari 2022.

Kegiatan sosial Penanaman Mangrove yang dilaksanakan oleh Korem 163/Wsa tersebut dengan mengambil tema “Digitalisasi Kawasan Mangrove Wana Segara Kertih Kedonganan” dalam rangka HUT Korem ke 61 Tahun 2022 dan juga bertujuan untuk menjaga ekosistem hutan mangrove di kawasan pesisir pantai dengan menanam bibit bakau.

Kegiatan yang diikuti tidak kurang dari 200 peserta tersebut dihadiri oleh Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra beserta staf.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Wagub Bali diwakili Kadis Kehutanan Prop. Bali, Dan Lanud Ngurah Bali Kolonel Pnb. , Dan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P, yang diwakili Paspotmar Mayor Mar I Nyoman Suarmika, Para Pejabat Korem163/Wsa,
Dandim 1611/Badung, Kepala BI Wilayah Bali Trisno Nugroho, Perwakilan Bank Mandiri, Bendesa Adat Kedonganan, Prajuru Adat Desa Kedonganan, Kepala Kelompok Nelayan Wana Segara Kertih Kedonganan, Kepala LPM Kedonganan, Kepala Tahura Bali, Perwakilan GMBI Bali.

Sebelum acara penanaman mangrove dilaksanakan Paparan oleh Kepala UPTD Tahura Bali yang intinya :
Kawasan mangrove ini seluas 1300 san hektar yang terbentang di Kawasan Badung Bali.

Mangrove memberikan keuntungan ekologi, kemampuan daya serap karbol, dampak sosial ekonomi kepada masyarakat sekitar Kawasan mangrove, kelompok Nelayan dengan pengelolaan hasil olahan mangrove, timbulnya ekosistem yang bagus bagi Ivan dikawasan mangrove

Dalam sambutannya Danrem 163/Wsa yang intinya : Penanaman pohon mangrove yang Korem selenggarakan dalam rangka HUT Korem 163/Wsa yang ke 61.

Manfaat mangrove sangat nyata baik di darat, laut, udara sebagai contoh saja bahwa hasil penelitian para ahli lingkungan mangrove bisa menangkap karbol yang baik bagi udara, mangrove menjaga ekosistem, cegah abrasi daratan oleh air laut.

Kita wajib menanam dan melestarikan Mangrove, salah satu sasaran kegiatan Konfrensi G20 mendatang yaitu konsentrasi terhadap ekosistem n Kawasan mangrove. Manfaat kelestarian mangrove ini bukan cuma bagi kita saja tapi terus untuk aman cucu kita dan generasi mendatang.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan penyerahan secara simbolis bibit mangrove dan sembako oleh Kapolda Bali, Danrem 163/Wsa, Kepala BI Wilayah Bali, Danlanud Ngurah Rai kepada Jro Bendesa, Kepala LPM dan Kepala Kelompok Nelayan Wana Segara Kertih Kedonganan.

(Red)

Berita Lainnya