oleh

Danlanal Batam Dampingi Pangkoarmada I Dalam Rangka Press Conference Terkait Perkembangan Proses Hukum MT. Nord Joy

-Mitra tni-234 views

 

Batam – Koranprogresif.co.id,  Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Ma’ruf, S.H., M.H., mendampingi Pangkoarmada I Laksma TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., melaksanakan Press Conference terkait Perkembangan Pelimpahan Kapal MT. Nord Joy, menunggu berkas lengkap terkait TP pelayaran yang telah dilakukan oleh Nahkoda MT. Nord Joy yang ditangkap di Perairan Timur Laut Tanjung Berakit pada hari Minggu tanggal 30 Mei 2022, bertempat diatas geladak MT. Nord Joy di Perairan Batu Ampar Batam, Jum’at (10/06/2022).

Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada I mengatakan bahwa Penangkapan oleh KRI Sigurot-864 yang sedang melaksanakan Patroli di Perairan Timur Laut Tanjung Berakit pada Minggu tanggal 30 Mei 2022 lalu.

Dari hasil pemeriksaan awal diduga MT. Nord Joy melakukan pelanggaran berupa lego jangkar di Perairan Teritorial Indonesia di Tanjung Berakit tanpa ijin dari otoritas Pelabuhan setempat. Dari dugaan pelanggaran awal tersebut oleh KRI Sigurot-864, MT. Nord Joy dikawal menuju Lanal Batam, dan diserahkan kepada Lanal Batam guna proses hukum lebih lanjut.

Selanjutnya dihadapan para media, Pangkoarmada I juga menjelaskan terkait isu yang berkembang berupa adanya upaya negosiasi yang dilakukan oleh oknum Perwira TNI AL dalam beberapa pemberitaan media sangat disesalkan dan sungguh tidak berdasar dimana telah terjadi berulang kali tanpa ada yang dapat memberikan bukti atas tuduhan yang telah dibuat dan disebarkan melalui media sehingga kami menganggap ini sebuah upaya mendiskreditkan TNI AL sebagai sebuah institusi penegakkan kedaulatan dan hukum di laut.

Hadir dalam Press Conference yakni Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., Danguspurla Koarmada I Laksamana Pertama TNI H. Krisno Utomo, Komandan Lantamal IV Laksma TNI Kemas M. Ikwan Madani, S.Sos., Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Maruf, S.H., M.H., Asops Pangkoarmada I Kolonel Laut (P) Wawan Trisatya Atmaja, S.E., M.A.P., Kadispen Koarmada I Kolonel Laut (P) Laode Muhamad H., S.E., M.Tr.Hanla., M.M.

(Red)

Berita Lainnya