oleh

Dandim Tulungagung Pimpin Apel Pemberangkatan Kirab Bendera Merah Putih Patuk Gebang

-Mitra tni-150 views

 

Tulungagung – koranprogresif.co.id – Komandan Kodim 0807/Tulungagung, Letkol Czi Nooris Agus Rinanto, S.I.P didampingi dr. Supriyanto Dharmoredjo, Sp. B, FINACS, M.Kes memimpin apel pemberangkatan Kirab Bendera Merah Putih Patuk Gebang di depan Makodim Tulungagung Jl. Jaksa Agung Suprapto No 17 Kelurahan Kampungdalem, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (16/08/2022).

Kegiatan ini tak lain adalah bertujuan untuk mengisi HUT Kemerdekaan RI yang ke-77 yang akan jatuh pada Rabu, 17 Agustus 2022 ini.

Dandim Tulungagung memberikan apresiasi yang tinggi kepada para pemuda di Tulungagung yang mempunyai ide cemerlang dalam mengisi kemerdekaan dengan membentangkan bendera merah putih di Pantai Patuk Gabang. Jerih payah dalam melakukan kirab puluhan kilometer menuju lokasi pengibaran merupakan salah satu bentuk nasionalisme para pemuda Tulungagung yang semangat dalam memperingati HUT RI ke-77.

“Kita patut berikan aplaus kepada para pemuda yang menggugah jiwa nasionalisme masyarakat dengan kegiatan kirab merah putih,” ungkap Dandim.

Long march para pemuda dan masyarakat yang dipandegani oleh Komunitas Tulungagung Explorer dengan start di Makodim 0807/Tulungagung dan finish di Pantai Patuk Gebang. Ketua Komunitas Tulungagung Explorer, Nur Hasyim mengatakan kegiatan pengibaran bendera merah putih ini akan dilaksanakan setelah kirab dengan jarak tempuh hingga puluhan kilometer.

“Bendera akan dikibarkan di Patuk Gebang, atau wilayah pesisir selatan Kabupaten Tulungagung,” ucap Nur Hasyim.

Selain dari Tulungagung Explorer, puluhan peserta kirab berjalan kaki. Mereka adalah perwakilan dari ormas dan pemuda, iringan beberapa unit armada dan juga tim medis. Rute kirab sendiri, mulai dari Makodim ke arah timur menuju pertigaan Gragalan ke selatan. Untuk lokasi istirahat disiapkan beberapa tempat, di antaranya Pasren Garuda Desa Wates, Kecamatan Sumbergempol dan Rest Area Desa Banyuurip, Kecamatan Kalidawir.

“Nanti setelah itu ke arah Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, turun ke Pantai Sanggar lalu ke Pathuk Gebang,” ungkap Nur Hasyim. (Red).

Berita Lainnya