oleh

Dandim Demak Bersama Bupati Dan Jajaran Forkopimda, Hadiri Acara Ganti Slambu Makam Kasultanan Demak

Demak – koranprogresif.co.id – Komandan Kodim 0716/Demak, Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo bersama Bupati dan jajaran Forkopimda Kabupaten Demak menghadiri acara Ganti Slambu makam Kasultanan Demak Bintoro dan tahlil umum bersama Perhimpunan Pamengku Makam Aulia di Pasebam makam Kasultanan Demak Bintoro, Demak, Kamis (05/01/2023).

Acara tersebut merupakan rangkaian puncak Haul Agung Kanjeng Sultan Abdul Fattah Al Akbar Panotogomo ke-520 tahun 1444 H atau tahun 2023, yang merupakan raja Kasultanan Demak. Dan akan dilanjutkan dengan pengajian umum yang akan digelar nanti malam di alun-alun Kabupaten Demak.

Ketua Takmir Masjid Agung Demak, KH Abdullah Syifa’ dalam sambutannya mengungkapkan rasa bahagianya menyambut peringatan haul tersebut. Peringatan yang digelar setahun sekali ini sebagai wujud penghormatan kepada Sultan Demak yang telah berjasa dalam menyebarkan agama Islam.

“Alhamdulillah, saat ini kita bisa menggelar acara ganti slambu makam Kasultanan Demak. Semoga membawa berkah untuk kita semua,” ujarnya.

Bupati Demak, dr. Eisti’anah menyampaikan bahwa, pada hakikatnya kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan dan mengenang jasa-jasa Kanjeng Sultan Raden Abdul Fattah Al Akbar Sayyidin Panotogomo, utamanya dalam memimpin Demak di masa lampau.

Bupati Demak mengajak untuk kembali memperbaharui niat, tekad, dan semangat dalam meneruskan perjuangan Kanjeng Sultan Raden Fattah, karena banyak hal yang dapat diteladani dari apa yang sudah dilakukan Raden Fattah untuk Demak, untuk diterapkan di masa sekarang dan menjadikan Demak sebagai daerah yang bermartabat, maju, dan sejahtera.

“Jadikan momen ini untuk menyegarkan kembali pendalaman ajaran Islam, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan sebagai umat muslim serta mendekatkan diri kepada Allah SWT,” kata Bupati.

Bupati juga mengajak untuk selalu merapatkan hubungan antara ulama dan umara, karena Kabupaten Demak dapat berkembang dan maju berkat kerja keras kita semua. Tanpa do’a, bimbingan, dan dukungan seluruh pihak tentu kita tidak bisa mengembangkan Kabupaten Demak menjadi lebih maju lagi.

“Mari kita memohon kepada Allah SWT, semoga kita senantiasa mendapat petunjuk dan lindungan-Nya, dan Kabupaten Demak mendapatkan rahmat dan keberkahan,” tutup Bupati.

Tahlil dipimpin oleh oleh Ketua MUI Kabupaten Demak, KH Ahmad Ghozali Ihsan, dan dilanjutkan dengan mauidlah hasanah. Sedangkan untuk do’a dipimpin oleh penasehat MUI Kabupaten Demak, KH Muhammad Asyik. (Red/Pendim 0716).

Berita Lainnya