oleh

Dandim 1713/Sarmi Hadiri Deklarasi Damai Sambut Natal & Tahun Baru

-TNI Polri-238 views

 

Sarmi – koranprogresif.co.id – Pagi ini di Kota Ombak Sarmi masyarakat tumpah di jalanan bersama warga yang berkumpul begitu ceria dan bersemangat.

Dandim 1712/Sarmi, Letkol ARM. Hendra Pesireron menuturkan, kegiatan ini sengaja dibuat oleh masyarakat setempat dalam rangka menyambut Natal 2018 dan tahun baru 2019. Dalam kegiatan tersebut juga ditandatangani Deklarasi Pesan Damai Sarmi, Sabtu (1/12).

Dandim 1712/Sarmi, Letkol ARM. Hendra Pesireron menuturkan juga bahwa, Deklarasi itu ditandatangani bersama oleh Muspida Sarmi, tokoh agama, masyarakat, adat dan pemuda dan perempuan, yang berisi ajakan menyatukan perbedaan dengan kasih.

“Ini kegiatan positif warga, karena semua pihak bersepakat dan mendukung damai di Sarmi. Seluruh masyarakat juga bersepakat untuk menjaga keamanan yang sudah terwujud dengan baik di Sarmi. Keamanan ini harus dijaga semua pihak, tanggung jawab bersama aparat TNI/Polri dan masyarakat,” jelas Dandim Sarmi, Sabtu (1 Desember 2018).

Bukan tanpa alasan, warga sengaja memenuhi ruas jalan Kota Sarmi, untuk jalan santai bersama dalam rangka menyambut Natal 25 Desember mendatang. Kegiatan ini dilepas oleh ibu Wakil Bupati Sarmi.

Ratusan warga yang memakai penutup kepala menyerupai topi yang biasa digunakan Sinterklas nampak kompak. Senyum cerah warga terus menghiasi sepanjang jalan santai bersama pagi itu. Terlihat juga warga lainnya berdendang bersama menyanyikan lagu-lagu rohani, diiringi tabuhan gendang dan tiupan seruling dan terlihat Ibu Dandim Sarmi, Ny Djanne Pollah Pesireron sedang membagikan Topi Sinterklas.

Dandim Sarmi menambahkan, untuk itu masyarakat Sarmi juga bersepakat untuk bahwa kegiatan hari ini akan di jadikan sebagai agenda kegiatan rutin tahunan di Sarmi.

“Jika stabilitas keamanan, ketertiban kabupaten ini terjamin, maka masyarakatpun dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan baik. Generasi muda Sarmi dapat bersekolah dengan baik dan masyarakat dapat mencari nafkah dengan tenang dan aman, maka oleh karena itu Sarmi akan lebih sejahtera lagi,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Persit KCK cabang XXXI Kodim Sarmi, Ny. Djanne Pollah Pesireron menyatakan sangat senang sekali dengan kegiatan yang dilakukan hari ini.

“Semoga kekompakan warga Sarmi dapat terus terjalin sehingga dapat mempersatukan perbedaan dengan kasih dan bukan hanya semboyan saja,” ujar perempuan yang ramah dan bersahabat ini, serta senyum khasnya yg selalu menghiasi wajahnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Yosina insyaf (Wakil Bupati kabupaten sarmi), AKBP Paul Izak (Kapolres Sarmi), Kompol Rahman Ramli (Waka polres sarmi), Kompol mukapsi s.sos (Kabak ops polres Sarmi), Baoak Jhon Yaas (Ketua Dewan Adat Kabupaten Sarmi), Robi Pampang (Wakil ketua 1 DPRD kabupaten Sarmi). (Red).

News Feed