oleh

Dandim 0806/Trenggalek Ikuti Prosesi Kirab Kerakyatan Hari Jadi Ke-828 Kabupaten Trenggalek

-Mitra tni-101 views

 

Trenggalek – koranprogresif.co.id – Komandan Kodim 0806/Trenggalek, Letkol Kav Peddy Adi Prasetyo, S.Sos bersama Ketua Persit KCK Cab XX Dim 0806, Ny. Jeane Peddy hadir dan semarakkan prosesi Kirab Kerakyatan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-828 Kabupaten Trenggalek yang juga dihadiri oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwono X, Kamis (01/09/2022).

Dengan mengenakan busana adat Jawa berwarna ungu muda lengkap dengan penutup kepala blangkon, Dandim 0806/Trenggalek bersama Ketua Persit KCK Cab XX Dim 0806 ini mengikuti kegiatan pawai kereta kencana bersama jajaran Forkopimda Trenggalek.

Dandim 0806/Trenggalek merasa takjub dan memberikan apresiasi yang sangat besar atas terselenggaranya rangkaian prosesi kirab kerakyatan di Trenggalek, dimana masyarakat Kabupaten Trenggalek masih memegang kuat adat dan budaya serta kearifan lokal.

“Kami sangat bangga dan bersyukur bisa menjadi bagian dari tradisi ini dan melihat secara langsung bagaimana masyarakat Kabupaten Trenggalek sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan secara tidak langsung turut berperan dalam melestarikan adat dan budaya khas Kabupaten Trenggalek,” tuturnya.

Kegiatan kirab kerakyatan dimulai dari selatan Hotel Widowati menuju Jalan Sokarno Hatta, Jalan Panglima Sudirman, melintasi lingkar alun-alun dan finish di Pendopo Manggala Praja Nugraha.

Pantauan dari awak media, warga masyarakat Kabupaten Trenggalek terlihat antusias memenuhi kiri kalan jalan raya di rute yang dilalui kirab untuk menyambut prosesi kirab kerakyatan Sri Sultan Hamengkubuwono X bersama rombongan.

Usai kegiatan kirab kerakyatan, Sri Sultan beserta rombongan mengikuti malam puncak muhibah budaya dari DIY dengan menampilkan pameran aneka kebudayaan DIY, workshop perfilman dan tarian khas Yogyakarta, konser mini orkestra, pentas macapat, serta pagelaran wayang kulit. (Red).

Berita Lainnya