oleh

Dandim 0801/Pacitan Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi “Ketupat Semeru 2022”

Pacitan – koranprogresif.co.id – Komandan Kodim 0801/Pacitan, Letkol Kav Ibnu Khazim, S.I.P., M.Si bersama unsur forkopimda Pacitan pagi ini menghadiri acara apel gelar pasukan operasi “Ketupat Semeru 2022” yang digelar di alun – alun Pacitan Jl. Sugiyo Pranoto No.1, RW.01, Krajan, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jum’at (22/04/2022).

Kali ini, Sekretaris Daerah Pacitan, Heru Wiwoho, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi “Ketupat Semeru 2022” dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimda Kabupaten serta Kepala perangkat daerah terkait.

Membacakan sambutan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Sekda Heru Wiwoho mengatakan, pemerintah tahun ini memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakan lebaran bersama keluarga. kegiatan mudik tidak dilarang pun demikian tidak ada penyekatan jalur mudik. Kendati demikian, kebijakan pemerintah untuk tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan jangan ditanggapi dengan eforia berlebihan.

“Saya tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai, kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi Covid-19,” kata Sekda.

Menyikapi hal tersebut tandas Sekda, diperlukan langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakeholder untuk menciptakan rasa aman dan sehat pada masyarakat yang sedang merayakan hari raya Idul Fitri. Antara lain dengan terus menggelar kegiatan vaksinasi serta berbagai upaya pencegahan Covid-19.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Pacitan, AKBP Wiwit Ari Wibisono menegaskan jajaran Polres Pacitan siap melakukan pengamanan. 5 pos pengamanan dan pos pelayanan telah disiapkan di tempat-tempat strategis termasuk pos pantau obyek-obyek wisata.

“Kita sudah antisipasi khususnya menghadapi membludaknya masyarakat yang mudik setelah dua tahun tidak bisa karena larangan, kita siapkan 1000 personil pengamanan,” kata Kapolres.

Disela sela kegiatan, Komandan Kodim 0801/Pacitan, Letkol Kav Ibnu Khazim, S.I.P., M.Si saat dikonfirmasi awak media menyampaikan pihaknya dalam hal ini kodim 0801/Pacitan sangat mendukung penuh dalam rangkaian kegiatan ini.

“Kami akan membantu sepenuhnya dengan mengerahkan personil untuk mempantu Polri, dalam hal ini Polres Pacitan dalam rangka pengamanan menjelang, pada saat lebaran dan sesudah lebaran,” ungkap Dandim.

“Saya juga menghimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran supaya tetap mematuhi protokol kesehatan,” tutur Dandim.

Upacara apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2022 diikuti oleh berbagai unsur diantaranya, Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, BPBD, Dinkes, RSUD, PMI, Senkom, Orari/Rapi Banser dan Kokam. Operasi “Ketupat 2022” sendiri akan berlangsung mulai tanggal 14 hingga 27 Mei 2022.

Dalam kegiatan gelar pasukan ini, juga dilaksanakan pemeriksaan pasukan dilanjutkan pemeriksaan senjata dan pasukan kendaraan. (Red).

Berita Lainnya