oleh

Dandim 0508/Depok: Buku Margoda Ingatkan Pejuang TKR Dari Depok

Depok – koranprogresif.co.id – Dandim 0508/Depok, Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar persembahkan Buku Margonda, Pahlawan Tanpa Pusara. Buku ini dipersembahkanya dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-20 Kota Depok pada 27 April.

Buku Margonda mengisahkan seorang pejuang kemerdekaan Indonesia yang namanya diabadikan pada salah satu ruas jalan utama Kota Depok, Jalan Margonda.

Jalan Margonda terletak pada pusat Kota Depok, dengan panjang diperkirakan tiga kilometer, dimana jalan tersebut terbentang dari gerbang selamat datang yang ada dekat Kampus Universitas Indonesia, hingga melewati Kantor Pemerintah Kota Depok dengan batas Jalan Kartini Raya.

Seperti diketahui, Margonda adalah pejuang muda yang aktif dalam organisasi. Salah satunya adalah JOP (Jajasan Obor Pasundan).

Selain sebagai anggota dan pengurus di JOP, Margonda juga pemimpin Angkatan Muda Republik Indonesia (AMRI). Ia bersahabat dengan Kapten Muslihat Pemimpin TKR wilayah Bogor, juga dengan Ibrahim Adjie, Komandan Batalyon ujung tombak TKR Jawa Barat.

Namun sayangnya, keberadaan makam atau pusara Margonda hingga kini tidak pernah ditemukan, karena tidak ada seorangpun yang tahu persis kapan Margonda Gugur.

Kendati begitu, bentuk penghargaan kepada beliau diberikan pemerintahan RI dengan memberi nama jalan Margonda di seruas jalan utama di Kota Depok.

“Buku ini, merupakan sumbangsih kecil yang telah diprakarsai oleh Kodim 0508/Depok untuk warga Depok khususnya, dan Indonesia umumnya,” kata Dandim Depok, Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar.

Buku Margonda, mengingatkan kita bersama, untuk selalu mengenang jasa para pahlawan. Karena seperti yang pernah Bung Karno katakan, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pejuangnya.

”Semoga dengan terbitnya buku ini menjadi sumbangsih bagi generasi masa depan,” kata Dandim. (Red).

News Feed