oleh

Dandim 0503/JB Sambangi Pos RW 12 Kelurahan Semanan

Jakarta – koranprogresif.co.id – Komandan Kodim 0503/Jakarta Barat, Letkol Kav I Made Maha Yudhiksa, menyambangi pos RW 012, Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Rabu (9/2/2022).

Dalam kunjungan Dandim kali ini, dimana keberadaan pos RW 12 ditunjuk menjadi Kampung Pancasila. Diketahui Kampung Pancasila ini dibentuk oleh TNI, untuk membangkitkan kembali semangat Pancasila kepada warga.

Hal ini disampaikan Ketua RW 12 Semanan, Horianto Utomo mendampingi Danramil 06/Kalideres, Kapten Arh Yahya saat menyambut kedatangan Dandim 0503/Jakbar.

Horianto Utomo saat dikonfirmasi mengatakan, dirinya merasa bangga RW 12 ditunjuk dan akan diresmikan menjadi Kampung Pancasila.

“Tentunya kita akan melakukan pembenahan dan persiapan mengenai pos RW 12 yang ditunjuk sebagai Kampung Pancasila oleh Dandim 0503/Jakbar. Kita tahu Pancasila itu dasar negara dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya tentunya ditanamkan kembali,” kata pria yang akrab disapa Ahok ini, Kamis (10/2/2022).

Menurut dia, keberadaan pos RW yang ditunjuk menjadi Kampung Pancasila membuatnya semangat saat menghadapi masa pandemi, ke depan pihaknya akan terus melakukan pembenahan dan kekurangan-kurangan yang ada.

“Kami bersama masyarakat dan TNI dan unsur terkait lainnya akan terus bersinergi, saya harap ke depannya wilayah RW 12 ini bahagia dan berkah,” ujarnya.

Ahok juga mengatakan, Kampung Pancasila ini dibentuk untuk menguatkan kembali karakter masyarakat terhadap nilai-nilai nasionalisme, guna membentuk bangsa yang tangguh.

Selain itu, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, patriotik, dinamis, berbudaya berdasarkan Pancasila dan dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tidak lupa Ahok mengingatkan saat ini Covid-19 varian Omicron sedang meningkat dan menghimbau warganya, agar tetap tenang dan selalu waspada akan penyebarannya, dan taat protokol kesehatan

“Saya selalu imbau kepada warganya agar tetap mawas diri akan penyebaran virus varian Omicron jaga prokes dan mengikuti vaksinasi yang telah dicanangkan pemerintah,” imbuhnya.

Secara terpisah, Lurah Semanan, Bayu Fadayen Gantha, pihaknya sangat mengapresiasi dan bersyukur dengan di tunjuknya RW 12 Semanan menjadi Kampung Pancasila. Tentunya ini dapat mengedukasi para jajaran RW 12 dan warga dalam pengalaman Pancasila.

“Banyak generasi muda saat ini tidak faham isi Pancasila. Dengan begitu Kampung Pancasila dapat mengedukasi masyarakat dalam memaknai dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung Pancasila,” tutur Bayu. (Red).

Berita Lainnya