oleh

Dandim 0418/Palembang: Jadikan Suri Tauladan Nabi Muhammad SAW

-TNI Polri-125 views

 

 

Palembang – koranprogresif.co.id – Kodim 0418/Palembang bekerja sama dengan Yayasan Darul Falah Palembang menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1440 H bertempat di Masjid Darul Falah kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarami Kota Palembang, Kamis (22/11/2018).

 

Acara peringatan Maulid Nabi ini mengambil tema “Jadikan hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan bagi prajurit TNI dan masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia” dan dihadiri oleh Kabintaldam II/Swj Kolonel Inf Dwi T. Irianto, Kasipers Korem 044/Gapo, Dandim 0418/Palembang, Letkol Inf Honi Havana, M.MDS., Ustadz Syahroni, Kadinsos Prov. Sumsel, Drs. Rosidin, para Danramil jajaran Kodim Palembang dan personel Perwira, Bintara dan Tamtama perwakilan Korem, Kodim, Lanal, Lanud, Polsek Sukarami, personel Pol PP, Basarnas Kota Palembang dan Ibu Persit Kodim, serta masyarakat dan santri Yayasan Darul Falah Palembang.

 

Dalam sambutannya, Komandan Kodim 0418/Palembang, Letkol Inf Honi Havana, M.MDS. menyampaikan bahwa, sesuai tema peringatan ini, kita jadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan, karena Nabi Muhammad ini selalu berbuat kebaikan.

 

“Yang luar biasa dari Nabi kita yaitu akhlak dan kepribadiannya yang mulia, bukan sekedar kegiatan ibadah yang beliau ajarkan, tapi wujud dalam kepribadian yang mulia itulah yang kita jadikan tauladan,” ungkap Dandim.

 

Lebih lanjut, Letkol Honi Havana juga menyampaikan, dalam situasi bangsa menghadapi event Pemilu 2019, dimana disini juga merupakan ujian bagi persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Untuk itu, kita tauladani Nabi Muhammad SAW yang mempunyai kepribadian mulia, salah satunya sifat beliau adalah selalu mempersatukan.

 

“Tidak ada satu kisahpun sifat Nabi Muhammad ini yang memecah belah. Di jazirah Arab sebelum Nabi Muhammad datang merupakan daerah yang terpecah belah, dengan kedatangan Beliau bisa mempersatukan dan menjaganya, tidak memandang didalamnya ada kelompok yang berbeda suku, keyakinan dan agama,” terang Letkol Honi.

 

Dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, selanjutnya diisi tausiyah oleh Ketua MUI Kota Palembang, Ustadz HM. Saim Marhadan.

 

Dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa, Rasulullah Muhammad SAW diutus ke dunia hanya untuk menyampaikan risalah tentang akhlaqulqarimah.

 

Ada ketiga landasan yang harus diimplementasikan dalam wujud kehidupan sehari-hari sehingga berpengaruh terhadap etos kerja dan rela berkorban untuk kepentingan umat manusia.

 

“Sikap dan perilaku Nabi Muhammad SAW yang patut dijadikan contoh dan diikuti yakni sikap jujur, adil dan bijaksana dalam berinteraksi sosial sehingga memperoleh gelar Al-Amin yang berarti orang jujur dan dapat dipercaya,” kata H. Saim.

 

Diakhir kegiatan dilanjutkan peresmian menara Masjid Darul Falah oleh Ketua MUI Kota Palembang, Ustadz H. Saim Marhadan didampingi Dandim 0418/Palembang, dan Ketua Yayasan Darul Falah serta disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir dalam acara tersebut. (Red).

News Feed