oleh

Dandim 0201/BS Periksa Kelengkapan Ratusan Kendaraan Dinas Prajurit

Medan – koranprogresif.co.id – Komandan Kodim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos, memimpin langsung apel pemeriksaan 342 kendaraan dinas roda dua dan empat di satuannya, Rabu (11/9/2019).

Apel pemeriksaan kendaraan dinas yang digelar di Lapangan Benteng, Jln Perniagaan Medan ini turut dihadiri para Pasi Kodim 0201/BS, para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0201/BS.

Sebelum memulai kegiatan, Dandim menjelaskan, apel ini untuk memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan dinas dan pengawaknya serta kelaikkan kendaraan dinas untuk digunakan dalam menunjang tugas-tugas operasional para prajurit di lapangan.

“Jadi, kegiatan (pemeriksaan-red) ini bukan mengada-ada atau mencari-cari kesalahan. Ini dilakukan karena melihat ke belakang ada anggota yang mengalami kecelakaan akibat kurangnya kelengkapan dalam berkendaraan,” ucap Dandim.

Dandim menegaskan, pemeriksaan ini adalah program satuan secara triwulan maupun insidentil yang tujuannya untuk memastikan semuanya telah siap, apakah surat-surat kendaraan, kelengkapan kendaraan, maupun personil yang mengawaki kendaraan.

Di samping itu, pemeriksaan ini juga bermaksud untuk mewujudkan prajurit TNI yang tertib dan disiplin dalam berlalulintas. “Kita (TNI) harus menjadi contoh bagi masyarakat, bahwa prajurit itu dalam berkendaraan, semuanya harus lengkap,” jelasnya.

Diutarakan Kolonel Roy Sinaga pula, tujuan lain dari pemeriksaan ini adalah untuk memastikan bahwa, semua kendaraan siap operasional, semua prajurit memiliki surat-surat yang resmi, dan kendaraan yang ada layak untuk digunakan di jalan raya.

“Karena itulah, saya menegaskan kepada seluruh personil untuk melengkapi surat-surat dan peralatan kendaraannya, serta surat izin mengemudi. Sebab, ini semua dilakukan untuk memberi keamanan kepada prajurit dalam berkendaraan di jalan raya,” urai Kolonel Roy Sinaga.

Di sela kegiatan, mantan Kapendam I/BB ini berpesan kepada setiap personil yang diperiksa kelengkapannya untuk merawat dan menjaga kendaraan dinas yang dipakai.

“Kendaraan ini dibeli pakai anggaran negara, sehingga tidak bisa setiap tahun diganti. Karenanya, tolong dirawat dan dijaga, sehingga masa pakainya bisa lebih lama,” pesannya.

Tak lupa, Kolonel Roy Sinaga juga kembali mengingatkan agar faktor keamanan dari kendaraan dinas yang dipakai personil, diperhatikan.

“Kalau ban-nya sudah tipis, harus segera diganti. Begitu juga dengan kelengkapan lainnya, harus selalu dicek, sehingga memberi keamanan kepada personil yang menggunakannya,” terangnya.

Di kesempatan ini, abituren Akmil 1997 ini menegaskan, tidak ingin mendengar ada prajurit jajaran Kodim 0201/BS yang tidak tertib lalu lintas, atau membiarkan kendaraan dinasnya dipakai oleh orang yang bukan personil TNI, meskipun itu keluarga sendiri.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Kapolrestabes Medan untuk menindak oknum prajurit yang berkendaraan tidak tertib. Karena saya ingin, prajurit Kodim 0201/BS menjadi contoh dalam tertib berlalulintas,” jelasnya.

Di akhir pelaksanaan pemeriksaan, Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, S.Sos mengingatkan kembali semua personilnya untuk mengutamakan kehati-hatian, dan safety first dalam berkendaraan di jalan raya.

“Dengan melengkapi semuanya, maka berkendaraan di jalan raya bagi prajurit akan lebih aman dan nyaman, dan perlu diperhatikan pengecekan ini akan rutin dilakukan baik oleh Kodim maupun Koramil,” pungkasnya. (Red/Pendim 0201/BS).

News Feed