oleh

Dalam Rangka HUT TNI Angkatan Laut Ke-76, Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut Gelar Serbuan Vaksin TNI Angkatan Laut Di Universitas Negeri Surabaya

-Mitra tni-93 views

Surabaya – Koranprogresif.co.id, Dalam rangka menyambut HUT TNI Angkatan Laut ke 76 yang jatuh pada tanggal 10 September 2021 yang bertemakan “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. TNI Angkatan Laut melalui Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Mitra STTAL dalam hal ini Universitas Negeri Surabaya (Unesa) gelar serbuan Vaksin Covid-19 Jenis Sinovac untuk usia 12 tahun ke atas yang dilaksanakan pada hari ini tanggal 9 September 2021 bertempat di Gedung LP3M Kampus Unesa Jl. Lidah Wetan Lakarsantri Surabaya. Kegiatan vaksin ini juga dalam menyambut pembelajaran yang akan dilaksanakan secara tatap muka di lembaga pendidikan.

Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., disela waktu peninjauannya di lokasi vaksin Kampus Unesa menegaskan bahwa serbuan vaksinasi dalam jumlah besar ini, guna mendukung dan melaksanakan kebijakan Pemerintah yang menargetkan capaian pemberian 2,3 juta suntikan dosis vaksin virus corona (Covid-19) per hari baik untuk suntikan dosis 1 dan 2. Hal ini, merupakan salah satu upaya paling efektif dalam memutus percepatan tali rantai penyebaran Covid-19 dan diharapkan dengan akselerasi vaksinasi 70 persen yang di suntik vaksin supaya terdapat kekebalan komunal, yang namanya herd immunity. Maka langkah tersebut penting untuk bisa mengakhiri pandemi.

Oleh sebab itu, percepatan dan peningkatan intensitas program vaksinasi massal di seluruh wilayah Indonesia yang menjadi prioritas pemerintah saat ini didukung penuh dan direalisasikan oleh TNI Angkatan Laut dengan mengerahkan komponen jajarannya di seluruh wilayah Indonesia dalam berupaya untuk terus dapat mempercepat laju vaksinasi,” kata Laksma TNI Avando.

Lebih lanjut, Komandan STTAL menjelaskan bahwa serbuan vaksinasi TNI Angkatan Laut di Unesa ini juga merupakan implementasi dari Instruksi Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk bersama-sama membantu Pemerintah melaksanakan percepatan penanganan Covid-19. Hal ini merupakan salah satu bentuk perhatian khusus dari Kepala Staf Angkatan Laut dengan menunjuk langsung Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) untuk melaksanakan sinergitas TNI Angkatan Laut dengan Perguruan Tinggi Mitra STTAL yang kali ini dengan Universitas Negeri Surabaya.

Rektor Unesa, Prof. Dr. H. Nurhasan, M.Kes., yang diwakili oleh Wakil Rektor 1 Unesa, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., saat mendampingi Komandan STTAL mengungkapkan rasa terima kasihnya serta apresiasi yang sangat tinggi kepada TNI Angkatan Laut dalam hal ini melalui Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) yang telah mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan vaksinasi karena kegiatan ini sangatlah berdampak positif bagi masyarakat disekitar yang ingin melaksanakan vaksinasi Covid -19. Gayung bersambut hal ini disetujui dan didukung penuh oleh Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil.

“Target sasaran vaksinasi kali ini dari Keluarga Besar Civitas Akademika Unesa dan Siswa SMA Laboratorium Unesa serta masyarakat maritim sekitarnya, namun disiapkan vaksin lebih untuk mengantisipasi apabila ada yang langsung datang ke lokasi vaksinasi tanpa mendaftar dulu sebelumnya. Pada pelaksanaan Serbuan Vaksinasi TNI Angkatan Laut jenis Sinovac untuk usia 12 tahun ke atas ini didukung oleh vaksinator dari Tim Nakes Kodiklatal, yang dipimpin Kasatkes Kodiklatal Letkol Laut (K) dr. Iwan Sutanto, Sp., OT., M.Tr. Hanla., bekerja sama dengan Tim Nakes Poliklinik Unesa dan Bakes STTAL”, Jelas Seklem STTAL, Kolonel Laut (KH) Dr. Adi Bandono, M.Pd., Selaku Ketua Koordinator Vaksinasi STTAL.

“Kegiatan Vaksin TNI Angkatan Laut ini mendapatkan apresiasi tinggi dari masyarakat, hal ini dapat dilihat terhadap banyaknya peserta vaksin yang begitu antusias untuk bisa divaksin, hal tersebut memperlihatkan kalau kesadaran masyarakat untuk divaksin telah meningkat”, imbuh Letkol Laut (KH) Edy Suhartono, S.E., M.M. Selaku Ketua Panitia Vaksin STTAL yang sehari-harinya menjabat sebagai Ka LPPM STTAL.

Andika salah satu Peserta Vaksinasi juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan Vaksin TNI AL ini sangat di apresiasi sekali karena mulai dari proses pelayanannya bagus, cepat, tidak terlalu menumpuk antrian karena sudah dijadwalkan per gelombang waktu pelaksanaannya serta dengan ditambah para panitia dan Nakesnya sangat ramah dan familier. Sehingga para peserta vaksin merasa bersyukur dan berterima kasih sekali atas pelayanan terbaik vaksinasi dari TNI Angkatan Laut melalui STTAL di Unesa ini. Oleh sebab itu, Vaksin TNI Angkatan Laut banyak ditunggu masyarakat yang ingin vaksin.

Turut hadir mendampingi Komandan STTAL dalam peninjauan vaksin TNI Angkatan Laut di Unesa ini antara lain; Wakil Komandan STTAL, Wakil Rektor 1, Dekan FIP, FBS, FIO, Seklem STTAL, Ka LP3 Unesa, Kasat SMCC, Ketua Panitia Vaksin STTAL dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan.

(Red)

News Feed