oleh

“Cycle 520 VDT Family” Gowes Membuat Kita Sehat, Jagalah Kesehatan Kita

Tangsel – koranprogresif.co.id – Berbicara tentang kesehatan, semua orang pasti menginginkan sehat, karena sehat itu mahal.

Hal inilah yang membuat komunitas “Cycle 520 VDT Family” menyisihkan waktu untuk berolahraga sepeda.

“Bersepeda (Gowes)  tidak memerlukan modal besar,  hanya kemauan dan niat untuk menjaga stamina dan kesehatan yang utama. Meskipun menggunakan sepeda biasa, kita sudah dapat mengowes untuk menjaga kesehatan kita,” ujar Lingga.

Seperti dikatakan Darto, anggota “Cycle 520 V Family” lainnya. “Kita memanfaatkan waktu libur untuk berkumpul sesama warga yang memang satu komplek untuk berolahraga sepeda. Hampir setiap rumah memiliki sepeda, dengan sepeda yang ada kita sudah bisa gowrs untum kesehatan kita. Ini khan sangat sederhana tetapi memiliki banyak manfaat bagi kita,” tuturnya, Minggu (28/07/19).

Sering kita temui, banyak orang bersepeda saat Car Free Day untuk berolahraga. “Bertepatan diwilayah kita lagi ada pembangunan jalan tol, ya kita gunakan sebagai route kita mengowes pedal sepeda,” ujarnya.

Seperti dikutip Hidup sehat ♡ Hidup bahagia, ternyata olahraga sepeda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Beberapa manfaat bersepeda terhadap kesehatan yang perlu kita ketahui seperti,

1. Mengendalikan berat badan, Bersepeda adalah cara yang baik untuk mengendalikan atau menurunkan berat badan, karena bersepeda dapat meningkatkan tingkat metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak tubuh. Selain itu, membantu untuk membakar kalori saat sedang bersepeda.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah
Bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Hal ini menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara rutin akan terpelihara dari penyakit jantung di usia tua.

3. Mengurangi risiko kanker, jika Anda mempertahankan pola makan yang sehat dan bersepeda secara teratur, maka akan membantu Anda dalam mengurangi risiko kanker. Orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorekta karena itu bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

4. Mengurangi risiko diabetes
Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab diabetes. Bersepeda adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Karena orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes.

5. Meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi otot tubuh
Bersepeda dapat mencegah kita mengalami patah tulang akibat jatuh. Meskipun bersepeda tidak secara khusus membantu osteoporosis, namun, bersepeda merupakan bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoporosis, karena bersepeda adalah latihan ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit kepada sendi.

6. Mengurangi stres
Melakukan aktivitas fisik, termasuk bersepeda, akan membuat tubuh kita memproduksi hormon dopamin yang dapat meningkatkan rasa bahagia sehingga dapat mengurangi stres, atau bahkan depresi yang Anda alami.

Karena itu, mari kita menjaga kesehatan kita mulai dari sekarang. Jika memang anda senang bersepeda maka anda akan mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan. (Red).

News Feed