oleh

Cegah Stunting, Tiga Pilar Desa Bukit Jaya Berikan Edukasi Serta Serahkan Bantuan Ratusan Susu Kotak Kepada Balita, Bumil Dan Ibu Menyusui

-Mitra tni-63 views

 

Aceh Barat – Koranprogresif.co.id, Dalam rangka menurunkan prevalensi stunting, Babinsa Koramil 04/Meureubo Kodim 0105/Abar Serda Dadang Fariza bersama Keuchik Desa Bukit Jaya Kecamatan Meureubo Khairul Anwar terus bekerja keras dengan memberikan edukasi serta menyerahkan bantuan Ratusan Paket Susu Kotak kepada masyarakat khususnya anak Balita (Bawah Lima Tahun), Bumil (Ibu Hamil) dan Ibu menyusui di Halaman Kantor Desa setempat, Rabu (18/1/2023)

Hingga kini, stunting masih menjadi salah satu masalah kesehatan utama di lndonesia, termasuk di wilayah Kabupaten Aceh Barat dan tak terkecuali di Desa Bukit Jaya. Untuk itulah, Babinsa Koramil 04/Meureubo berkolaborasi dengan Mitra Karib di Desa dengan rutin mengkampanyekan pencegahan stunting. Layaknya yang digaungkan oleh Serda Dadang Fariza dan Keuchik Desa Bukit Jaya Khairul Anwar hari ini, yakni memberikan edukasi kepada masyarakat sekaligus membagikan Ratusan Susu Kotak kepada Balita, Bumil hingga Ibu – Ibu menyusui.

Selaku Tiga Pilar Desa Bukit Jaya, Serda Dadang Fariza menyampaikan perlunya kerja sama lintas sektor dalam upaya pencegahan stunting. Pasalnya, stunting tidak hanya persoalan badan pendek, namun lebih dari pada itu juga sangat berdampak terhadap masalah tumbuh kembang dan kemampuan kognitif sang anak. Sehingga, pada akhirnya sang anak tidak mampu mencapai potensinya secara maksimal.

“Agar para Balita, Bumil dan Ibu menyusui tidak kekurangan asupan gizi, maka Kami bersama Keuchik memberikan bantuan Susu Kotak sebanyak 158 Pcs yang bersumber dari dana relokasi BLT. Karena, penting bagi Mereka untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari. Selain itu juga, harus dibarengi dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan Makronutrien dan Mikronutrien yang lengkap dan seimbang”, ulas Serda Dadang

Hal senada juga diuntarakan oleh Keuchik Khairul Anwar, bahwasanya asupan nutrisi yang baik akan dapat mencegah resiko stunting sejak dini.

“Di dalam segelas Susu kaya akan berbagai asam animo yang berfungsi untuk membentuk sel – sel tubuh. Sedangkan kandungan mineral dan vitamin di dalam Susu juga penting untuk pertumbuhan dan fungsi kerja otak anak. Bagi Bumil, dengan minum Satu Gelas Susu perhari selama hamil, niscaya bisa mencegah stunting pada Bayi. Melalui edukasi dan pemberian Susu gratis ini, Kami menghimbau kepada Bumil dan Ibu menyusui untuk rutin memberikan ASI ekslusif di 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Semoga apa yang Kami lakukan dengan Babinsa ini tidak hanya mencegah stunting semata, namun kedepannya akan tercipta generasi yang gemilang”, imbuh Keuchik.

(Red)

Berita Lainnya