oleh

Cegah Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku, Satgas TMMD Kodim Bantul Berikan Sosialisasi kepada Warga

-TNI Polri-690 views

Bantul-Satuan Tugas (Satgas) TNI Manungal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Kodim 0729/Bantul, Lakukan Penyuluhan dan Sosialisasi Pencegahan Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) pada hewan ternak.

Penyuluhan tersebut diberikan kepada warga masyarakat Sendangsari, Terong, Dlingo, Bantul, yang merupakan target TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0729/Bantul tahun 2022. Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Terong, Selasa (09/08/2022).

Program Penyuluh dan Sosialisasi Pencegahan Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) ini adalah salah satu dari program TMMD Non Fisik Satgas TMMD tahun 2022 ini. Dimana penyuluhan tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi dan deteksi dini tentang persoalan PMK pada hewan ternak, mengingat penyakit itu dapat menyebar dengan cepat.

“Tujuan dilaksanakan penyuluhan PMK, dengan harapan tepat sasaran bagi masyarakat yang mempunyai hewan ternak. Setelah ada penyuluhan PMK ini, masyarakat yang mempunyai ternak bisa memahami cara mencegah atau mengobati apabila hewan peliharaannya ada gejala PMK,” kata Pasiter Kodim Kapten Inf MB Berhen Suncoko.

Satgas TMMD mengandeng penyuluh kesehatan hewan dari Dinas Peternakan Kabupaten Bantul untuk melakukan sosialisasi langsung kepada warga masyarakat di sekitar Lokasi TMMD . Warga masyarakat yang hadir diberikan pemahaman tentang apa saja gejala virus PMK pada kambing dan sapi serta cara melaporkan kepada petugas jika ada ternak yang mengalami gejala.

“Tadi, Penyuluh menyampaikan bahwa, langkah yang bisa dilakukan pemilik ternak jika sapinya terkena wabah PMK diantaranya adalah, memantau serta melaporkan kepada petugas kesehatan jika ada hewan ternak yang sakit, dilarang membeli/memasukkan hewan ternak area dalam maupun luar Kabupaten Bantul. Mengontrol akses masyarakat terhadap ternak dan peralatan, disinfeksi kandang secara rutin serta pemberian vitamin kepada ternak untuk daya tahan tubuh,” papar Pasiter, mengutip isi materi yang disampaikan oleh Penyuluh Peternakan.

Berita Lainnya