oleh

Cegah Diare, Danramil 0801/09 Sudimoro Menghadiri Sosialisasi Pembuatan Chlorine Diffuser

Pacitan – koranprogresif.co.id – Untuk mencegah penyakit Diare dikalangan masyarakat, Danramil 0801/09 Sudimoro, Kapten Czi Suprapto menghadiri kegiatan sosialisasi dan pembekalan dari Dinkes Pacitan terkait pembuatan Chlorine Diffuser, bertempat di Aula Puskesmas Sumberejo, Kec. Sudimoro, Kab. Pacitan, Rabu (11/01/2023).

Sosialisasi dan pembekalan diberikan kepada tim kesehatan dan kader kesehatan dari 13 Puskesmas yang ada di Kab. Pacitan, sebagai upaya meningkatkan kualitas air bersih yang memenuhi syarat untuk dikonsumsi.

Chlorine Diffuser merupakan salah satu alat sederhana tepat guna, sebagai alternatif untuk mengendalikan atau membebaskan air dari pencemaran bakteri patogen dan kuman di dalam air penyebab penyakit Diare.

Pemasangan chlorine diffuser diharapkan dapat menyediakan sumber air minum yang sehat dan bebas kandungan bakteri sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit yang disebarkan melalui air

Dalam penjelasannya, Kabid P2 Dinas Kesehatan Pacitan, Drg Nur Farida mengatakan bahwa, rendahnya kualitas air saat ini memaksa kita agar dapat melakukan pengolahan air dengan baik, sehingga dapat digunakan sesuai standar yang diperbolehkan.

“Dengan menggunakan metode chlorine diffuser sehingga dapat mengurangi pencemaran akibat bakteri dengan jumlah cukup tinggi. Dimana bakteri tersebut dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan terutama penyakit Diare,” ujar Kabid P2 Dinkes Pacitan.

Sementara itu, Danramil 0801/09 Sudimoro mengajak kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat melalui pengelolaan air bersih yang tepat dan efisien.

“Mari kita sama-sama lakukan tindakan penanggulangan dan pencegahan secara efisien terhadap penyakit Diare, dengan cara menjaga kebersihan lingkungan ataupun pola makan yang sehat, terutama pengelolaan air bersih,” ungkap Danramil.

“Semoga dengan diselenggarakan sosialisasi dan pembekalan ini dapat mengedukasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, yang salah satunya tentang pengelolaan air bersih bebas dari bakteri penyebab Diare,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kabid P2 Dinas Kesehatan Pacitan (Drg Nur Farida), Camat Sudimoro (Khemal Pandu Pratikno, S.STP), Danramil 080/09 Sudimoro (Kapten Czi Suprapto), Kapolsek Sudimoro (Ipda Didik), Kepala Puskesmas Sukorejo (Drg. Anies Arachmaningtyas), Kepala Puskesmas Sudimoro (Dr.Fitri), Kasi Trantib Kecamatan (Bapak Warino), Kades Sumberejo (Agung), serta tim kesehatan dari 13 Puskesmas. (Red).

Berita Lainnya