oleh

Cegah Berkembangnya Nyamuk Demam Berdarah, Babinsa Jamus Lakukan Pendampingan Fogging Tim Kesehatan

-TNI Polri-82 views

 

Demak – koranprogresif.co.id – Memasuki musim hujan, untuk mengantisipasi merebaknya wabah Demam Berdarah (DBD), Babinsa Koramil 12/Mranggen, Kodim 0716/Demak, Serka Indro l mendampingi petugas kesehatan dari Dinkes Kabupaten Demak dan dari Puskesmas Mranggen 2 melaksanakan pengasapan atau Fogging di salah satu rumah warga di Dusun Jamus, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak yang beberapa hari lalu salah satu anggota keluarganya ada yang terpapar nyamuk Demam Berdarah, Jum’at (30/12/2022).

Kegiatan Fogging yang dimotori Oleh Aparatur Desa tersebut dilakukan dengan menyisir rumah-rumah warga, khususnya di lingkungan-lingkungan yang memiliki genangan air atau tempat yang berpotensi berkembangnya jentik nyamuk aedes aegypti.

“Dimusim penghujan seperti sekarang ini banyak genangan air dilingkungan warga dikhawatirkan jadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti, kami lakukan kegiatan Fogging sebagai upaya mencegah berkembang biaknya nyamuk penyebar demam berdarah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Serka Indro menyampaikan kepada warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, yang paling penting guna mencegah cepatnya perkembangbiakan nyamuk adalah dengan melakukan 3M yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur. “Lingkungan bersih wargapun sehat,” ungkap Babinsa.

Serka Indro mengatakan, Cara ini dilakukan sebagai upaya mencegah penyakit yang dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk, misalnya demam berdarah atau malaria apalagi pada musim hujan, perkembangan nyamuk aedes aegepty sangat cepat, pengasapan hanya akan membunuh nyamuk dewasa, sementara jentik nyamuk hanya akan terbunuh dengan menguras air, serta menutup dan mengubur tempat air tergenang, yang menjadi lokasi perkembangbiakan jentik nyamuk, ujarnya.

“Agar tidak terjangkit DBD, ada baiknya melakukan beberapa pencegahan, seperti membersihkan rumah. Pemilik rumah harus membersihkan beberapa tempat kesukaan nyamuk seperti tumpukkan baju, karena nyamuk menyukai aroma tubuh manusia. Kemudian genangan air, dan tempat-tempat berdebu. Nyamuk-nyamuk akan bertelur di tempat-tempat yang kotor dan lembab,” jelasnya.

Ia berharap, kepada warga masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan dan rutin mengadakan kebersihan. Sehingga dapat memberantas sarang nyamuk, yang banyak bersarang di genangan air,” tutupnya. (Red/Pendim 0716/Demak).

Berita Lainnya